Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3381
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Mamluatun Nafisah | - |
dc.contributor.author | Holilah Nur Fajriyah, 19211196 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-15T09:11:37Z | - |
dc.date.available | 2023-11-15T09:11:37Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3381 | - |
dc.description.abstract | Pembahasan terkait seksualitas masih ramai dikaji dalam berbagai bidang keilmuan. Allah Swt. menciptakan manusia secara fitrah dengan berbagai kecenderungan terhadap kenikmatan duniawi, termasuk perihal seksualitas. Seiring berkembangnya modernisasi, media sosial menjadi wadah tersebarnya konten pornografi yang dengan mudah diakses oleh setiap kalangan dan menyebabkan banyak terjadinya kejahatan seksual dan penurunan moral masyarakat. Jika merujuk pada literasi penafsiran yang ada, kajian penafsiran atas QS. al-A’rāf [7]: 26 belum sepenuhnya memuat interpretasi terkait fenomena pornografi dan pornoaksi yang sedang terjadi saat ini. Berdasarkan kenyataan tersebut, tulisan ini mencoba untuk merespon dan menjelaskan pornografi dan pornoaksi dengan melakukan kajian atas QS. al-A’rāf [7]: 26 menggunakan teori penafsiran kontekstual Ma’nā-Cum-Magzā. Penelitian ini merupakan kajian kualitatif dengan kajian kepustakaan (library research). Adapun metode yang penulis gunakan dalam pengumpulan data adalah metode dokumentasi yakni berupa sumber data primer dari literatur kitab tafsir maupun data sekunder yang bersumber dari jurnal dan karya ilmiah yang kemudian di analisis dengan analisa deskriptif-analisis. Sementara pendekatan yang digunakan adalah teori Hermeneutika Ma’nā-Cum-Magzā Sahiron Syamsuddin. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, kajian penafsiran QS.al-A’rāf [7]: 26 yang telah dijelaskan oleh mufasir klasik dan kontemporer secara umum disajikan dengan penafsiran tekstual yang memuat perintah untuk menutup aurat. Kedua, berdasarkan analisa historis, ayat ini turun sebagai respon Allah Swt. terhadap masyarakat Arab jāhiliyyah yang melakukan tawaf tanpa busana. Adapun signifikansi fenomenal dari ayat tersebut yaitu (1) perintah untuk menutup aurat, (2) dalil diperbolehkannya menggunakan perhiasan, (3) pakaian takwa sebagai sebaik-baiknya pakaian. Penjelasan tersebut kemudian mengantarkan pada signifikansi fenomenal dinamis: (1) pakaian sebagai etika dan estetika, (2) takwa sebagai pencegahan pornografi dan kejahatan seksual. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Pornografi, . | en_US |
dc.subject | Sahiron Syamsuddin | en_US |
dc.subject | QS. al-A’rāf [7]: 26, Ma’nā-Cum-Magzā | en_US |
dc.title | Kontekstualisasi Penafsiran QS. Al-A’rāf [7]: 26 terkait Fenomena Pornografi dan Pornoaksi (Analisis Aplikasi Pendekatan Hermeneutika Ma’nā-Cum-Magzā Sahiron Syamsuddin (L. 1968 M)) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
6-19211196.pdf Restricted Access | 2.47 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
6-19211196_Publik.pdf Restricted Access | 1.87 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.