Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3421
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIffaty Zamimah-
dc.contributor.authorWilda Afsari, 19211343-
dc.date.accessioned2023-11-16T08:18:02Z-
dc.date.available2023-11-16T08:18:02Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3421-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran penulis terhadap santri yang masih belum tepat dalam membaca Al-Qur’an baik dari segi teori maupun praktek. Selain itu, penulis juga banyak menemukan santri yang memiliki jumlah hafalan yang tinggi, namun jauh dari bacaan yang berkualitas. Sehingga mereka hanya semangat dalam menghafal, tapi mengesampingkan akan pentingnya dari kualitas bacaan sesuai dengan kaidah Ilmu Tajwīd.. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya terletak pada objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan kajian lapangan (field research). Sumber data primer yang digunakan dari hasil wawancara dengan pimpinan, pengasuh, pengajar, 20 santri dan dari hasil observasi. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari buku- buku, jurnal-jurnal, dan artikel. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Sementara teknik analisa data yang penulis gunakan adalah deskriptif analitik. Kemudian pendekatan yang digunakan adalah Ilmu Tajwīd. dengan memakai teori Metode Bagdadi sebagai parameter kualitas bacaan Al-Qur’an. Temuan penelitian ini mengungkapkan dari 20 orang santri Rumah Tahfîzh secara keseluruhan rata-rata mendapatkan tingkatan bacaan yang rendah. Terdapat 5 orang santri yang memperoleh tingkat A (baik), kemudian terdapat 7 orang yang memperoleh tingkat B (Cukup) dan terdapat 8 orang yang memperoleh tingkat kurang. Hal ini disebabkan oleh 2 faktor diantaranya faktor penghambat yaitu kurangnya motivasi diri, rasa malas, sakit, kemampuan yang berbeda- beda, manajemen waktu yang kurang baik, dan kurang penguasaan teori Ilmu Tajwīd Sedangkan faktor pendukung adalah banyaknya dukungan dari orang tua, ketersediaan tenaga pengajar dan sarana prasarana.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKualitasen_US
dc.subjectBacaanen_US
dc.subjectAl-Qur’anen_US
dc.titleAnalisis Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri (Studi Living Qur’an di Rumah Tahfîzh Amanah Ummat Jambi)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
38-19211343.pdf
  Restricted Access
3.66 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
38-19211343_Publik.pdf
  Restricted Access
2.58 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.