Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3497
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMutmainah-
dc.contributor.authorFaidza Ramadhanti Khoirunnisa, 19211176-
dc.date.accessioned2023-11-21T06:33:03Z-
dc.date.available2023-11-21T06:33:03Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3497-
dc.description.abstractPenelitian ini di latarbelakangi karena penulis melihat banyak kaum remaja yang terlena dengan hiburan di dalam gadget sehingga melupakan kewajiban untuk belajar membaca Al-Qur’an, bahkan tak jarang kaum remaja yang belajar Al-Qur’an, namun enggan untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an tersebut. Sesungguhnya membaca Al-Qur’an yang dianjurkan tak hanya sekedar membaca, namun perlu dengan tartīl yang benar-benar berkualitas, sebab Al-Qur’an merupakan pedoman hidup manusia. Dengan demikian, penulis akan mendeskripsikan kualitas bacaan Al-Qur’an kaum remaja di LTQ BPM STID Mohammad Natsir serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran baca Al-Qur’an tersebut. Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian kualitatif dan penelitian lapangan (Field research). Sumber data primer penelitian ini adalah wawancara pihak terkait di LTQ BPM STID Mohammad Natsir, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari literatur ilmiah yang berkaitang dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan populasi, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data adalah deskriptif analisis dengan pendekatan ilmu tajwīd dengan tolak ukur dalam menganalisa kualitas bacaan Al-Qur’an adalah Metode Maisūrā. Hasil penelitian penulis terhadap Kualitas Bacaan Al-Qur’an Kaum Remaja di LTQ BPM STID Mohammad Natsir sangat beragam, namun kategori terbanyak terdapat pada kategori cukup. Terbukti bahwa yang berkategori baik terdapat 18% dengan jumlah peserta didik 2 orang, kategori sedang terdapat 36% dengan jumlah peserta didik 4 orang, dan untuk kategori cukup terdapat 46% dengan jumlah peserta didik 5 orang. Adapun faktor pendukung pembelajaran baca Al-Qur’an ini adalah tenaga pengajar yang mempunyai kualitas bacaan Al-Qur’an yang tartīl juga sistem pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan talaqqī satu persatu. Sedangkan faktor penghambat nya adalah pertemuan pembelajaran bacaan Al-Qur’an hanya satu pekan sekali.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKualitas Bacaan Al-Qur’anen_US
dc.subjectRemajaen_US
dc.titleKualitas Bacaan Al-Qur’an Kaum Remaja (Studi Kasus di Lembaga Tahsin dan Tahfizh Al-Qur’an Badan Pengembangan Masyarakat STID Mohammad Natsir Bekasi)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
113-19211176.pdf
  Restricted Access
3.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
113-19211176_Publik.pdf
  Restricted Access
2.57 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.