Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3531
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Kurnia Akbar | - |
dc.contributor.author | Fathimah Az-zahra, 19320038 | - |
dc.date.accessioned | 2024-01-30T05:37:29Z | - |
dc.date.available | 2024-01-30T05:37:29Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3531 | - |
dc.description.abstract | Metode Tilawati merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu menggunakan lagu atau irama rost, selain itu, metode ini memiliki dua pendekatan yakni pendekatan klasikal dan pendekatan individual dengan teknik baca simak. Metode tilawati ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan peserta didik, terutama bagi anak ADHD. Selain metode nya menyenangkan, metode ini mudah dimengerti sehingga anak-anak paham terhadap apa yang dipelajarinya. Dengan demikian, dalam pengenalan huruf-huruf hijaiah sangat mudah diterapkan di metode ini karena bentuk pembelajarannya anak-anak harus mengetahui dan mengenal satu persatu huruf hijaiah sehingga saat sudah memasuki buku jilid 1 anak-anak sudah bisa mengerti apabila huruf-huruf tersebut menyambung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang penerapan metode Tilawati dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam metode tilawati dalam pengenalan huruf hijaiah terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di TK Islam Pembangunan. Adapun persamaan dengan penelitian yang sudah ada adalah sama-sama membahas penerapan metode tilawati dalam pengenalan huruf-huruf hijaiah. Sedangkan perbedaannya adalah objek penelitiannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. sumber datanya adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas, Orangtua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Tilawati di TK Islam Pembangunan dilakukan dengan dua penerapan dalam metode tilawati yaitu pendekatan klasikal, dan baca simak. Adapun faktor pendukung dalam metode tilawati ialah fasilitas yang sudah diberikan oleh sekolah, guru yang telah mengikuti pelatihan dan memiliki bacaan Al-Qur’an yang baik, dan benar, dan kerjasama orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu yang tebatas. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Metode | en_US |
dc.subject | Tilawati | en_US |
dc.subject | Pengenalan Huruf Hijaiah | en_US |
dc.title | Penerapan Metode Tilawati Dalam Pengenalan Huruf Hijaiah Terhadap Anak Kebutuhan Khusus (Studi Kasus di TK B Islam Pembangunan Pamulang Barat Tangerang Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
19320038.pdf Restricted Access | 2.55 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
15-19320038_Publik.pdf | 808.94 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.