Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3551
Title: Kualitas Hafalan Santri Boarding School (Studi di SMP dan MA Unggulan Pon-Pes Habibulloh Banyuwangi)
Authors: Hanna Nazilatun Ni’mah, 19211192
Advisor: Muhammad Husen
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Skripsi ini dilatar belakangi karena adanya upaya mengetahui tingkat efektivitas kegiatan pondok pesantren sebagai aktivitas santri boarding school. Untuk menganalisis kualitas hafalan dengan ketepatan bacaan Al-Qur’an. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas hafalan santri boarding school dengan ketepatan bacaan Al-Qur’an dan apa saja faktor pendukung dan penghambat kualitas hafalan Al-Qur’an santri boarding school di SMP dan MA Unggulan Ponpes Habibulloh Banyuwangi. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya terdapat pada objek analisis dan kegiatan yang menunjang proses menghafal Al-Qur’an. Persamaannya terdapat pada subjek yakni analisis kualitas hafalan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan living Qur’an. Metode yang digunakan adalah metode desktiptif analisis, serta menggunakan teori pedekatan tajwid yang berdasarkan tingkat kemampuan bacaan Al-Qur’an dalam menghafal Al-Qur’an juga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di SMP dan MA Unggulan Ponpes Habibulloh Banyuwangi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian kualitas hafalan santri boarding school dengan kualitas membaca Al-Qur’an dengan berbagai kegiatan sebagai penunjang dalam menghafal Al-Qur’an dinilai efektif. Hasil dari pembuktian kualitas hafalan dengan kualitas bacaan Al-Qur’an terdapat 5 santri dari 20 santri (25%) dengan nilai baik sekali (A), 12 santri dari 20 santri (60%)dengan nilai baik (B), dan 3 santri dari 20 santri (15%) dengan nilai cukup (C). Adapun faktor pendukung diantaranya: motivasi diri, selalu berdo’a, semangat dalam menghafal, lingkungan dan fasilitas yang mendukung dalam menghafal Al-Qur’an. Faktor yang menghambat diantaranya: tidak dapat mengatur waktu, kurangnya konsentrasi atau istiqamah, rasa malas dan kurang nya menguasai makhorijul huruf dan tajwid.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3551
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
130-19211192.pdf
  Restricted Access
1.85 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
130-19211192_Publik.pdf
  Restricted Access
863.83 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.