Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3581
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHulailah Istiqlaliyah-
dc.contributor.authorHasanah, 19320041-
dc.date.accessioned2024-05-04T05:09:09Z-
dc.date.available2024-05-04T05:09:09Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3581-
dc.description.abstractKeterlambatan berbicara (speech delay) merupakan ketidakmampuan anak dalam menggunakan bahasa, hal tersebut merupakan masalah yang serius dan segera ditangani. Maka dari itu penerapan literasi sangat penting agar memberikan manfaat terhadap kemampuan berbahasa anak, karena kemampuan berbahasa anak mempengaruhi kehidupan masa depan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan tentang penerapan program literasi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak speech delay. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian yaitu, kepala sekolah dan guru kelas TK B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program literasi dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak speech delay di TK Islam Pembangunan Tangerang Selatan dapat berjalan dengan baik dengan melakukan pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Dalam pembiasaan, anak speech delay dapat membaca buku cerita dengan buku yang bergambar. Dalam pengembangan, melalui evaluasi anak dapat menjawab pertanyaan dari guru. Dalam pembelajaran, anak speech delay selalu berinteraksi dapat berbicara dengan jelas meskipun dalam proses pembelajaran dengan anak normal dibedakan. Kemudian bahasa reseptif dan ekspresif dapat diukur dengan melakukan tanya jawab atau bercerita dan menanggapi perkataan anak. Bahasa reseptif anak yang meningkat sehingga anak dapat menceritakan kembali cerita yang didengar melalui tatap muka langsung kepada guru, anak dapat memberi reaksi terhadap cerita yang disampaikan guru, anak dapat mengenal huruf vokal dan kosa kata misalnya ber-ma-in secara lisan. Selanjutnya bahasa ekspresif, anak dapat berbicara dengan cara yang jelas, anak dapat bereksperimen dengan kata-kata dan bunyi-bunyi, anak dapat menceritakan gambar yang sudah dibuatnya, anak dapat menyampaikan perasaanya ketika ditanya guru. Sehingga dengan menggunakan literasi ini, dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak speech delay.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectProgram Literasien_US
dc.subjectAnak Speech delayen_US
dc.subjectMeningkatkan Kemampuan Bahasaen_US
dc.titlemplementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Speech delay Di TK Islam Pembangunan Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12-19320041.pdf2.51 MBAdobe PDFView/Open
12-19320041_Publik.pdf1.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.