Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3599
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Rohmah | - |
dc.contributor.author | Siti Ulfa Alfa Sanah, 19312195 | - |
dc.date.accessioned | 2024-05-07T04:20:08Z | - |
dc.date.available | 2024-05-07T04:20:08Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3599 | - |
dc.description.abstract | Kecerdasan emosional merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dalam menentukan masa depan seseorang hingga mencapai 80%. Kecerdasan emosional seseorang dapat ditumbuhkan salah satunya dengan strategi pembelajaran yang tepat sehingga dapat mencapai keberhasilan dari tujuan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dan apa saja faktor pendukung dan penyebab dalam menumbuhkan kecerdasan emosional peserta didik di MIT Al Fatimiyyah An-Nur Rorotan Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian yakni, kepala sekolah, guru akidah akhlak dan 3 orang peserta didik kelas 6 MIT Al Fatimiyyah An Nur Rorotan Jakarta Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru akidah akhlak dalam menumbuhkan kecerdasan emosional peserta didik di MIT Al Fatimiyyah An-Nur Rorotan Jakarta Utara berjalan dengan baik, sebab strategi yang guru akidah akhlak gunakan adalah strategi pembelajaran penyampaian dan strategi pembelajaran kelompok dengan melalui metode, media dan sarana pembelajaran, motivasi, evaluasi, serta materi dengan bentuk yang bervariasi sehingga dapat menumbuhkan keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial yang menjadi ciri seseorang memiliki kecerdasan emosional. Adapun faktor pendukungnya ialah materi pembelajaran akidah akhlak yang membantu terbentuknya kecerdasan emosional, sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang baik. serta suasana lingkungan yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah beberapa siswa sulit untuk diberitahu dan dijelaskan karena peserta didik baru mengenal sekolah dan lingkungan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Strategi, Guru Akidah Akhlak | en_US |
dc.subject | Kecerdasan Emosional | en_US |
dc.subject | Guru Akidah Akhlak | en_US |
dc.title | Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di MIT Al Fatimiyyah An-Nur Rorotan Jakarta Utara | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
88-19312195.pdf Restricted Access | 2.95 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
88-19312195_Publik.pdf Restricted Access | 1.05 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.