Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3601
Title: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Mengintegrasikan Program Bilingual di Sekolah Alam Cairo Indonesia
Authors: Maharani Azahra Paramadina, 19312163
Advisor: Esi Hairani
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Pendidikan Islam pada anak bertujuan mengembangkan kreativitas dan karakter individu dengan iman, kecerdasan, moral yang baik, kemandirian, dan tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, negara, dan agama, bersejarah. Bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional yang digunakan luas dalam era globalisasi, menjadi krusial, terutama dalam media sosial digital, ponsel, dan komputer yang bersifat internasional. Oleh karena itu, pendekatan bilingual menjadi salah satu cara untuk memahami pentingnya bahasa internasional dalam perkembangan anak di era globalisasi yang berkembang pesat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan mengintegrasikan program bilingual di Sekolah Alam Cairo Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi dan wawancara, peneliti melihat bahwa dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam, metode bilingual ini belum berjalan dengan efektif, karena peserta didik yang belum mengenal kosakata dalam bahasa Inggris dan beberapa teacher masih belum konsisten untuk menggunakan bahasa Inggris. Maka solusinya yaitu dengan perencanaan yang matang, dukungan yang memadai, serta penggunaan strategi pembelajaran yang kreatif, tantangan dalam pembelajaran PAI dengan bilingual pada anak dapat diatasi lebih baik.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3601
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
90-19312163.pdf
  Restricted Access
3.11 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.