Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3604
Title: Peran Guru PAI dalam Pembelajaran Agama Islam Pada Siswa di SDN TANAHBARU I
Authors: Ninda Sabrina, 19312082
Advisor: Pahrurroji
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Peran guru sebagai pengajar, merupakan peran yang paling populer selama ini. Guru tidak hanya dituntut sebagai pengajar, akan tetapi paling tidak sebagai pengajar yang mendidik. Berdasarkan hasil survey yang Penulis lakukan di SDN Tanahbaru I Karawang, bahwa peran guru agama disana sangat berperan aktif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sehingga menghasilkan banyak ketertarikan siswa pada pelajaran agama Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran apa yang dimiliki guru di SDN Tanahbaru I dan juga untuk mengetahui kendala guru PAI dalam pembelajaran agama islam di SDN Tanahbaru I Karawang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan (field research) yakni untuk memperkuat data secara teoritis dan memperoleh informasi dari informan yang terkait dengan judul. Subjek penelitian yaitu, guru pelajaran dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat, bakat, kemampuan, dan potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik tidak akan berkembang secara optimal tanpa bantuan guru. Dalam kaitan ini guru perlu memperhatikan peserta didik secara individual, karena antara satu peserta didik dengan yang lain memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Adapun Hambatan dalam Peran Guru PAI dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa di SDN Tanahbaru I yaitu, kurangnya jumlah guru, jumlah siswa yang terlalu banyak dan dukungan orangtua.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3604
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
93-19312082.pdf
  Restricted Access
2.66 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.