Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3615
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMahmudah Fitriyah-
dc.contributor.authorLubna, 11311049-
dc.date.accessioned2024-05-07T05:31:32Z-
dc.date.available2024-05-07T05:31:32Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3615-
dc.description.abstractPcndidikan di Indonesia pada saat ini masih di dominasi olch kclas yang berfokus pada guru sebagai pusat pengctahuan, sehingga ceramah akan menjadi pilihan utama dalam menentukan strategi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan sering dijumpai adanya beberapa perrnasalahan, di antaranya adalah kurangnya guru dalam menggunakan pendekatan dan metodc yang tepat, sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mcngikuti pelajaran di dalam kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu digunakan suatu pendekatan yang memberdayakan siswa, salah satunya adalah melal ui pendekatan make a match. Penelitian ini be1iujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Cooperative Learning type Make A Match terhadap hasil belajar Fiqih pada materi shalat berjamaah di keias II Ml Baiturrahman Jakarta Selatan. Metode penelitian yang dih11.makan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pre-Test and Post-Test Design. Sampel yang pertama bcrjumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen dengan mcnggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Sampcl yang kc­dua bcrjumlah 20 siswa untuk kelas kontrol dcngan mcnggunukun metode ccramah. Instrumcn penelitian ini adaluh tes hasil bclajar bcrupa I 5 soul bcrbentuk pilihan ganda. Teknik analisis pada penelitian ini adalah uji-T. Bcrdasarkan hasil pcrhitungan uji-T dipcroleh l1ii1ung = 2,286 dan t,uhcl = 2,024, dengan taraf signitikan 5%, yang bcrarti li,;1ung > ltahcl (2,286 > 2,024), maka Ho ditolak dan Ha ditcrima. Jadi, dapat dikatakan bahwa terdapat pcngaruh yang signitikan antara strategi pembelajaran cooperative learning (vpe make a match terhadap hasil belajar fiqih siswa di kelas II Ml Baiturrahman, Jakarta Selatan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectCooperative Learningen_US
dc.subjectHasil Belajar Fiqihen_US
dc.titlePcngaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Leaming Type Make A-Match Terhadap Hasil Bclajar Fiqih di Kelas II Ml Baiturrahman, Jakarta Sclatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
20.lubna.pdf
  Restricted Access
3.23 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
20.lubna BAB 1 DAN 5.pdf
  Restricted Access
695.84 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.