Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3626
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRomlah Widayati-
dc.contributor.authorAlaina Fadhila, 11311033-
dc.date.accessioned2024-05-07T06:46:28Z-
dc.date.available2024-05-07T06:46:28Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3626-
dc.description.abstractAl-Qur" an rnerupaka kitab pedoman umat Islam. Sebagai pedornan kita harus rnernahami dengan benar. Untuk rnernahami Al-Qur'an kita harus rnembacanya. dalam hal rncmbaca mempunyai cara dan aturan tersendiri. Cara tersebut scsuai dengan yang diajarkan Nabi Muhammad Saw. Cara untuk membaca Al-Qur'an tersebut tidak lain ada indikatornya yaitu bacaan tajwid dan tempo yang tepat dan benar. Pelajaran membaca Al-Qur'an haruslah diberikan sejak usia sekolah. Karena itulah penulis membuat karya Ilmiah yang berjudul Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran AI-Qur'an Terhadap Kcmampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas XII IPA SMA Darul Ma'arif Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Karya ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji pengaruh pelaksanaan pembelajran Al-Qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasional. Tehnik pengambilan sampel random sampling dengan sampel sebanyak 22 siswa kelas XII IPA SMA Darul Ma'arif. Hasil skor antara variabel X dan variabel Y dihitung dengan tehnik analisis regresi sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS versi I 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Hal ini mengingat memang secara rerata dari 22 siswa tersebut skor angket pelaksanaan pembelajaran Al-Qur' an masuk pada kategori kurang (36,4%). Sedangkan skor kemarnpuan membaca Al-Qur'annya masuk kategori baik (100%). Namun koefisien B dari perhitungan ini bemilai positif, artinya jika pelaksanaan pembelajaran dinaikkan maka kemampuan membacajuga akan naik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPembelajaran Al-­Qur'anen_US
dc.subjectKemampuan Membaca Al-Qur'anen_US
dc.titlePengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Al­Qur'an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas XII IPA SMA Dami Ma'arif Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
43. Alaina Fadhila.pdf
  Restricted Access
3.35 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
43. Alaina Fadhila BAB 1 DAN 5.pdf
  Restricted Access
739.04 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.