Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3630
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAhmad Dimyati Badruzaman-
dc.contributor.authorArina Alfa Khasanatin, 13311227-
dc.date.accessioned2024-05-07T07:02:40Z-
dc.date.available2024-05-07T07:02:40Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3630-
dc.description.abstractLatar belakang penulisan skripsi ini melihat dari kedudukan bahasa Arab sangat penting untuk dipelajari karena menjadi bagian integral Al-Qur' an yang bunyi dan pengucapannya memengang peranan penting dalam Islam, begitu juga kitab kuning yang sama pentingnya dengan bahasa Arab. Motivasi mahasiswi dalam mempelajari kitab kuning perlu dibangun dan dikembangkan. Salah satu cara untuk membangun dan mengembangkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan menyenangkan bagi peserta didik. Amtsilati merupakan metode terbaru dan praktis bagi para pemula untuk mendalami Al­Qur' an dan membaca kitab kuning, sehingga dapat membantu para Mahasiswi untuk bisa membaca dan memahami kitab kuning. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program kegiatan metode Amtsilati dalam meningkatkan motivasi belajar membaca kitab kuning pada Mahasiswi semester 2 di Pesantren Takhassus "IIQ Jakarta". Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode Deskriptif Korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan rumus Product Moment. Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner/ angket. Untuk Iebih melengkapi pembuatan skripi ini, penulispun menggunakan sumber Iiteratur buku yakni sumber buku, skripsi dan hasil wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti dapat simpulkan bahwa hasil analisis data penelitian dengan sampel 50 mahasiswi dari jumlah populasi 200 mahasiswi menunjukan nilai korelasi sebesar 0,4500701 dengan df sebesar 48 maka diperoleh taraf signifikan 5% "r" tabel sebesar 0,273 dan taraf signifikan 1% "r'' tabel sebesar 0,354. Berdasarkan data tersebut, maka Hipotesis altematif (Ha) diterima yang menyatakan terdapat korelasi yang signifikan antara Program Kegiatan Metode Amtsilati ( variabel X) dengan Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Kitab Kuning (variabel Y) dengan korelasi positif yang sedang dan cukup, sedangkan Hipotesis nihil (Ho) ditolak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMetode Amtsilatien_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectMembaca Kitab kuningen_US
dc.titlePengaruh Program Kegiatan Metode Amtsi/ati dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Kitab Kuning (Studi Kasus Mabasiswi IIQ Jakarta semester 2 di Pesantren Takbassus IIQ Jakarta )en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
60. Arina Alfa Khasanatin.pdf
  Restricted Access
3.36 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
60. Arina Alfa Khasanatin BAB 1 DAN 5.pdf
  Restricted Access
1.04 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.