Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3633
Title: | Manajemen Pembelajaran Tahfizhul Qur'an Pada Rumah Tahfidz AI-Furqon Reni Jaya Pamulang |
Authors: | Nurafiqah, 13311247 |
Advisor: | Ahmad Dimyati Badruzaman |
Issue Date: | 2017 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Latar Belakang Masalah dalam skripsi ini yaitu lembaga pendidikan menghafal Al-Qur'an sangat penting dan dalam mengelola suatu lembaga pendidikan yang baik, sangat diperlukan pengaturan program yang lebih efesien dengan berbagai macam perencanaan dan pengorganisasian dalam proses pembelajaran, seperti program yang diterapkan dalam Rumah Tahfizh. Rumah Tahfizh merupakan suatu lembaga yang sudah banyak berdiri diberbagai daerah dan masingmasing memiliki manajemen pembelajaran tersendiri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang mengarah penyimpulan dan cenderung menggunakan analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di Rumah Tahfidz Al-Furqon bahwasanya manajemen yang diterapkan dalam rumah tahfidz yaitu manajemen yang dikelola langsung oleh keluarga sendiri tanpa terikat dengan suatu lembaga, jadi pengorganisasian, keuangan, perencanaan, dan metode itu diatur oleh pengurus yang berasal dari keluarga ibu Ustadzah Nina Khairina, Le, MA. Sedangkan penerapan manajemen pembelajaran di Rumah Tahfidz Al-Furqon melakukan 3 tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang terlaksana dengan baik dan efisien. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3633 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
63. Nurafiqah.pdf Restricted Access | 2.62 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
63. Nurafiqah BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 758.32 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.