Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3635
Title: Korelasi Antara Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru Bidang Studi Aqidah Akhlak dengan Sikap Belajar Siswa (Study Kasus MI Miftahul Falah Narogong-Bogor-Jawa Barat)
Authors: Siti Noorsalarnah, 10311023
Advisor: Herman
Issue Date: 2015
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: F okus masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang hubungan antara kemampuan pengelolaan kelas guru bidang studi Aqidah Akhlak dengan sikap belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya serta seberapa besar hubungan antara kemampuan pengelolaan kelas guru bi dang studi Aqidah Akhlak dengan sikap belaj ar siswa. Variabel terikat (V ariabel Y) penelitian ini adalah sikap be la jar Siswa, sedangkan variabel be bas (V ariabel X) adalah kemampuan pengelolaan kelas guru bidang studi Aqidah Akhlak. Hipotesis yang diajukan adalah "terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara kemampuan pengelolaan kelas guru bidang studi Aqidah Akhlak dengan sikap belajar Siswa". Sesuai masalah dan tujuan, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Miftahul Falah Narogong-Bogor-Jawa Barat yang berjumlah 193 siswa, sedangkan jumlah yang dijadikan sampel adalah kelas IV-VIlsebanyak 50 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik acak sederhana (Simple Random Sampling). Instrumen yang digunakan dalam mengukur kedua variabel adalah dengan menggunakan skala yang disebar sebanyak sampel berisi 20 item dengan 5 opsi jawaban. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Product Moment dari Pearson dan koefisien determinasi.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3635
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
65. Siti Noorsalamah.pdf
  Restricted Access
3.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.