Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3659
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Syahidah Rena | - |
dc.contributor.advisor | Pahrurroji | - |
dc.contributor.author | Wahyu Noer Kholish, 221430343 | - |
dc.date.accessioned | 2024-05-15T09:13:28Z | - |
dc.date.available | 2024-05-15T09:13:28Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3659 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Numbered Heads Together di SMA Arif Rahman Hakim dan efektifitas metode Numbered Heads Together untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Arif Rahman Hakim Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun sumber data primer yang didapatkan melalui observasi dan wawancara kepada guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik terkait implementasi metode Numbered Heads Together dan efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMA Arif Rahman Hakim, dengan dokumen sekolah, Sementara data sekunder peneliti dapatkan dari buku, jurnal, dan data lainnya yang bersumber dari internet. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, 1). Metode numbered heads together dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terimplementasi dalam 3 tahap yakni: a. Perencanaan, b. Pelaksanaan, dan c. Evaluasi. 2). Motivasi belajar peserta didik di SMA Arif Rahman Hakim terindentifkasi melalui sejumlah indikator, yaitu. a. Menumbuhkan saling kerja sama antara anggota kelompok dan saling tukar pikiran, b. Menumbuhkan dorongan semangat belajar peserta didik, c. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan kelompok, d. Memiliki hubungan baik dengan seluruh guru di SMA Arif Rahman Hakim Tangerang Selatan dan orang tua peserta didik, e. Lingkungan sekolah dapat memiliki dampak yang kuat terhadap kualitas agama peserta didik, f. Keberhasilan metode Numbered Heads Together dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan metode Numbered Heads Together di SMA Arif Rahman Hakim berperan efektif. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Metode Numbered Heads Together | en_US |
dc.subject | Guru Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.subject | Motivasi Belajar | en_US |
dc.title | Efektivitas Metode Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Arif Rahman Hakim Tangerang Selatan | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
221430343_ Wahyu Noer Kholish.pdf Restricted Access | 221430343_Tesis | 3.8 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.