Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3693
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDewi Maharani-
dc.contributor.authorKqot Runnada, 19312077-
dc.date.accessioned2024-06-29T06:43:54Z-
dc.date.available2024-06-29T06:43:54Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3693-
dc.description.abstractLatar belakang dalam penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap Penerapan Metode Iqra dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur'an Pada Siswa MTs S Nurul Islam Cisauk yang dialami oleh banyaknya Siswa MTs S Nurul Islam Cisauk yang masih kurang dalam baca tulis Al-Qur’an, dan penerapan yang digunakan oleh guru BTQ memakai metode Iqra dan Al-Qur’an untuk menunjang kualitas belajar baca tulis Al-Qur’an untuk mengatasi anak siswa yang masih terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Adapun tekhnik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Guru BTQ, dan2 Siswa Kelas VII MTs dan 1 siswa kelas VIII MTs S Nurul Islam Cisauk.Sedangkan tekhnik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui usaha penerapan metode iqra dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an Pada Siswa MTs S Nurul Islam Cisauk dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat di dalamnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bentuk penerapan metode iqra dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an adalah siswa harus bisa membedakan panjang pendek bacaan,menerapkan ilmu tajwid,dan siswa masih ada yang terbata-bata dalam mengucapkan makhorijul huruf. Faktor pendukung dalam meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Pada siswaa di MTS S Nurul Islam Cisauk yaitu adanya kesadaran diri dari siswa-siswi akan pentingnya Baca Tulis Al-Qur’an, adanya sifat keteladan yang dicontohkan oleh guru BTQ dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, dan adanya kerjasama antara siswa-siswi.Sedangkan, fakor penghambat dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an yaitu kurangnya perhatian dan motivasi dari orangtua, keterbatasan alat pembelajaran dalam sekolah, dan terbatasnya waktu belajar di sekolah dan jumlah guru BTQ di sekolah MTs S Nurul Islam cisauk.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPenerapanen_US
dc.subjectMeningkatkan Baca Tulis Al-Qur’anen_US
dc.subjectMetode Iqraen_US
dc.titlePenerapan Metode IQRA dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa MTs S Nurul Islam Cisauk Kabupaten Tangerangen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
102-19312077.pdf
  Restricted Access
2.46 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
102-19312077_Publik.pdf
  Restricted Access
1.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.