Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3701
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Shopiyah | - |
dc.contributor.author | Maulidianita Humairoh, 19312128 | - |
dc.date.accessioned | 2024-07-04T08:47:36Z | - |
dc.date.available | 2024-07-04T08:47:36Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3701 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan merupakan sebuah proses yang mempersiapkan peserta didik agar dapat menjalankan hidup dengan baik yang dilakukan secara terarah, terdidik dan terbimbing sesuai kecakapan yang dimiliki masing-masing peserta didik. Di dalam pendidikan ada beberapa mata pelajaran yang dipelajari oleh peserta didik yang berkaitan dengan nilai moral pada setiap individu seseorang, salah satunya mata pelajaran aqidah akhlak, namun banyak peserta didik yang menganggap pembelajaran Akidah Akhlak hanya sebatas materi pembelajaran dan tidak memperhatikan setiap nilai moral dalam pembelajaran Akidah Akhlak, seperti nilai ibadah dan hubungan antar manusia. Adapun metode penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sumber data diperoleh dari data primer melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder dari dokumentasi sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawanacara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknis analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini ditemukan hasil penelitian bahwasannya dalam implementasi penguatan nilai moral meliputi 4 moral yaitu religius, toleransi, disiplin, dan peduli lingkungan. Moral religius meliputi pembiasaan beribadah dan pembiasaan sopan dan santun. Metode yang diterapkan meliputi 3 metode. Pertama, metode latihan dan pembiasaan. Kedua, metode bimbingan intensif. Ketiga, metode memberi nasehat. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | pendidikan | en_US |
dc.subject | Akidah Akhlak | en_US |
dc.subject | moral | en_US |
dc.subject | implementasi | en_US |
dc.title | Implementasi Metode Pembelajaran Akhlak dalam Penguatan Nilai Moral Siswa Nurul Ghosyiyah Ciputat Tangerang Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
4-19312128.pdf Restricted Access | 2.99 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
4-19312128_Publik.pdf Restricted Access | 729.37 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.