Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3727
Title: Pembacaan Al-Qur’an Surah Āli ‘Imrān Ayat 9 Setelah Salat Duha Di SDIT Insan Mulya Bekasi (Studi Living Qur’an)
Authors: Rifka Azkiya Ali Rusydi, 20211483
Advisor: Sofian Effendi
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Skripsi ini membahan tentang fenomena pembacaan surah Ali ‘Imran ayat 9 yang dijadikan zikir di lembaga Pendidikan yaitu SDIT Insan Mulya sebagai ikhtiar keberkahan terutama untuk bertambahnya jumlah peserta didik. Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah : bagaimana pelaksanaan, motivasi ada pemaknaan surah Ali ‘Imran ayat 9 di SDIT Insan Mulya Bekasi. Penulis menggunakan metode penelitian lapangan dalam mengidentifikasi dengan living qur’an serta metode deskriptif analisis. Adapun sumber data primer dari penelitian ini berupa observasi dan wawancara langsung kepada 27 informan yang terdiri 1 Kepala Sekolah, 4 dewan guru dan 22 peserta didik. Sedangkan data sekundernya ialah dokumentasi, arsip dan data sekolah, buku, jurnal dan karya tulis yang berkaitan. Penulis juga menggunakan teori fenomenologi oleh Edmund Husserl. Penelitian menunjukkan bahwa pembacaan surah Ali 'Imran ayat 9 dilakukan setelah siswa berjamaah salat Duha dan dibacakan bersama sama sebanyak 3 kali. Kegiatan ini bermula dari jumlah siswa yang sangat sedikit. Namun, kepala sekolah mengapresiasi upaya dewan guru dalam menjaga kualitas program unggulan, seperti mengakui prestasi siswa dalam acara kenaikan kelas yang dihadiri banyak orang. Bagi dewan guru, kegiatan membaca ayat-ayat Al- Qur’an seperti tadarus Juz 30 dan surah Ali 'Imran ayat 9 memberikan dampak positif terhadap perkembangan pembelajaran anak-anak, dengan siswa menunjukkan respons yang lebih baik dan perilaku yang baik. Selain itu, pembacaan surah Ali 'Imran ayat 9 memiliki berbagai makna, termasuk sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah, mendapatkan pahala, dan mendorong agar harapan untuk mendapatkan keberkahan melalui peningkatan jumlah peserta didik dapat terwujud.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3727
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
4-20211483.pdf
  Restricted Access
3.95 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
4-20211483_Publik.pdf
  Restricted Access
1.41 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.