Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3737
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Fajar Syarif | - |
dc.contributor.author | Yumsil Afroh, 18312034 | - |
dc.date.accessioned | 2024-07-31T08:39:06Z | - |
dc.date.available | 2024-07-31T08:39:06Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3737 | - |
dc.description.abstract | Motivasi belajar adalah upaya yang mengarahkan perubahan kelakuan individu karena adanya faktor yang mempengaruhi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam bentuk peningkatan kualitas. Dalam memperoleh motivasi diperlukan faktor ekternal, faktor yang tidak kalah penting dari faktor internal. Faktor ini dipengaruhi dari luar yang dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. faktor tersebut diantaranya lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Bantarkawung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebesar 838 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 63 siswa yang dibagi rata sejulah 21 siswa pada masing-masing tingkatan kelas dengan teknik random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji T dan uji F serta koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis pada tabel regersi dengan taraf signifikansi 10%, nilai t hitung SMA Negeri 1 Bantarkawung pada variabel lingkungan keluarga diperoleh nilai sebesar 2,414 > 1,671 dengan nilai Sig. 0,019 < 0,10. Untuk variabel Lingkungan sekolah dipeoleh nilai t hitung sebesar 5,462 > 1,671 dan nilai sig. 0,000 < 0,10. Terakhir variabel lingkungan masyarakat diperoleh nilai t hitung sebesar 8,670 > 1,671 dan nilai sig 0,000 < 0,10. Hal tersebut menunjukan bahwa variabel lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarkat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Bantarkawung | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | lingkungan keluarga | en_US |
dc.subject | lingkungan masyarkat | en_US |
dc.subject | lingkungan sekolah | en_US |
dc.subject | motivasi belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Bantarkawung Brebes | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
103-18312034.pdf Restricted Access | 4.12 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
103-18312034_Publik.pdf Restricted Access | 1.11 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.