Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3737
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorFajar Syarif-
dc.contributor.authorYumsil Afroh, 18312034-
dc.date.accessioned2024-07-31T08:39:06Z-
dc.date.available2024-07-31T08:39:06Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3737-
dc.description.abstractMotivasi belajar adalah upaya yang mengarahkan perubahan kelakuan individu karena adanya faktor yang mempengaruhi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam bentuk peningkatan kualitas. Dalam memperoleh motivasi diperlukan faktor ekternal, faktor yang tidak kalah penting dari faktor internal. Faktor ini dipengaruhi dari luar yang dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. faktor tersebut diantaranya lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Bantarkawung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebesar 838 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 63 siswa yang dibagi rata sejulah 21 siswa pada masing-masing tingkatan kelas dengan teknik random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji T dan uji F serta koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis pada tabel regersi dengan taraf signifikansi 10%, nilai t hitung SMA Negeri 1 Bantarkawung pada variabel lingkungan keluarga diperoleh nilai sebesar 2,414 > 1,671 dengan nilai Sig. 0,019 < 0,10. Untuk variabel Lingkungan sekolah dipeoleh nilai t hitung sebesar 5,462 > 1,671 dan nilai sig. 0,000 < 0,10. Terakhir variabel lingkungan masyarakat diperoleh nilai t hitung sebesar 8,670 > 1,671 dan nilai sig 0,000 < 0,10. Hal tersebut menunjukan bahwa variabel lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarkat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Bantarkawungen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectlingkungan keluargaen_US
dc.subjectlingkungan masyarkaten_US
dc.subjectlingkungan sekolahen_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.titlePengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Bantarkawung Brebesen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
103-18312034.pdf
  Restricted Access
4.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
103-18312034_Publik.pdf
  Restricted Access
1.11 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.