Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3738
Title: | Implementasi Pembiasaan Tadarus Al Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan |
Authors: | Aatikah Isnaeni, 20312200 |
Advisor: | Pahrurroji |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Penelitian ini di latar belakangi karena pada era globalisasi saat ini, aneka macam pergeseran nilai dalam kehidupan. Terutama guru pada sekolah perlu khawatir dan prihatin terhadap anak-anak menjadi generasi penerus terhadap maju pesatnya iptek yang berdampak terjadinya pergeseran budaya hingga berpengaruh pada penerapan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an. Berhubung dengan hal tersebut maka guru Pendidikan agama Islam dan Lembaga sekolah yang berbasis Islami diharuskan untuk mencari Solusi agar pembelajaran Al Qur’an menjadi mudah untuk di pelajari dan diminati. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan Subjek pada penelitian ini yakni, ketua pelaksana, guru keagamaan, guru pembimbing, dan 6 orang peserta didik kelas 7 dan 8 MTsN 1 Kota Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan kegiatan pembiasaan tadarus Al-Qur’an di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan ini dikatakan berhasil karena dilihat dari kemampuan dan semangat siswa dalam mempelajari Al-Qur’an cukup baik sesuai kaidah tajwid, lancar dan tartil. Faktor pendukung pada kegiatan pembiasaan tadarus Al-Qur’an ini yaitu: guru yang kompeten dalam bidangnya, guru yang mau kerja sama dan kompak, siswa yang semangat mengikuti kegiatan. Dan faktor penghambatnya yaitu guru yang kurang menarik dalam proses belajar mengajar, selain itu pula terdapat siswa yang mudah terpengaruh dengan teman sebayanya dan terkadang juga siswa siswanya malas mengikuti kegiatan dan juga ada beberapa siswa yang sulit mengingat materi yang disampaikan. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3738 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
7-20312200.pdf Restricted Access | 3.48 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
7-20312200_Publik.pdf Restricted Access | 1.54 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.