Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3741
Title: Penerapan Metode Joyful Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SDIT Buahati 2 Jakarta Timur
Authors: Hilyah Azkiya, 20312287
Advisor: Siti Istiqomah
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Salah satu masalah yang terdapat di dunia pendidikan Indonesia dan bisa terjadi di tingkat sekolah dasar ialah rendahnya kualitas pendidikan, terkhusus pada pelajaran PAI. Hal ini disebabkan bisa jadi karena metode pembelajaran yang kurang variasi. Salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut ialah dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menggunakan metode pembelajaran yang variasi dan beragam ialah dengan guru menerapkan metode joyful learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode joyful learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI di SDIT Buahati Islamic School 2. Disebabkan dari berbagai referensi yang ditemui, penelitian mengenai metode joyful learning lebih banyak dibahas terhadap kaitannya dengan hasil belajar siswa. Maka dari itu, pada penelitian ini akan dibahas kaitannya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini pendekatan kualitatif dengan deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara dan observasi. Selain itu, data yang didapatkan juga berupa penyebaran angket yang ditujukan kepada siswa untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Adapun sumber data sekunder dari penelitian ini yaitu buku, jurnal, dan skripsi yang sesuai dengan pembahasan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode joyful learning sudah berjalan dengan sangat baik dan membuat siswa kondusif, seperti contoh siswa memperhatikan penjelasan guru. Selain itu, siswa mengerjakan tugas sesuai dengan kemampuannya tanpa mengeluh kepada guru atas tugas yang diberikan, tidak ditemukan siswa yang menyontek hasil pekerjaan temannya, dan secara keseluruhan mendapatkan nilai diatas KKM. Faktor pendukungnya bersumber fasilitas memadai yang terdapat di dalam lingkungan sekolah. Sedangkan, untuk faktor penghambatnya terdapat pada diri seorang guru yang keliru dalam pemilihan metode joyful learning yang sangat beragam jenisnya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3741
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11-20312287.pdf
  Restricted Access
4.53 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
11-20312287_Publik.pdf
  Restricted Access
1 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.