Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3743
Title: | Penguatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Rohis Berbasis Bilingual Di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan |
Authors: | Rohemi, 20312338 |
Advisor: | Hulailah Istiqlaliyah |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Rendahnya sikap keagamaan siswa di sekolah dikarenakan banyaknya budaya asing yang berpengaruh buruk terhadap perkembangan sikap keagamaan siswa. Dan dimana Rohis memiliki potensi besar untuk memperkuat pembelajaran PAI di sekolah. Oleh karena itu, perlu dikembangkan program rohis berbasis bilingual yang lebih menarik dan relevan bagi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip penguatan yang tepat dalam kegiatan rohis berbasis bilingual menciptakan lingkungan belajar yang positif, meningkatkan motivasi, keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Selain itu, kegiatan rohis berbasis bilingual terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Dapat dilihat dari berbagai aktivitas siswa dalam kegiatan rohis berbasis bilingual ini, seperti membuat teks pidato keagamaan yang kemudian di praktekan dalam kegiatan rohis rutin jum’at pagi. Kegiatan ini dapat melatih 4 keterampilan bahasa, yaitu writing, reading, speaking dan listening |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3743 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
13-20312338.pdf Restricted Access | 3.75 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
13-20312338_Publik.pdf Restricted Access | 1.86 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.