Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/374
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Yayah Nurmaliyah | - |
dc.contributor.author | Muslihatun Najah, 11311054 | - |
dc.date.accessioned | 2020-01-02T04:38:11Z | - |
dc.date.available | 2020-01-02T04:38:11Z | - |
dc.date.issued | 2015 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/374 | - |
dc.description.abstract | Guru adalah tenaga kependidikan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar yang berkaitan dengan proses pendidikan yang menuntut profesionalitas tinggi dalam proses pembelajaran. Kemampuan profesional guru dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas sangat menentukan keberhasilan pendidikan secara keseluruhan. Yang menjadi permasalahan peneliti adalah bagaimana kompetensi profesional guru PAI dan usaha apa saja yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di Madrasah Tsanawiyah al-Hamidiyah Depok. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang kompetensi profesional guru PAI di Madrasah Tsanawiyah serta usaha-usaha yang dilakukan pihak sekolah untuk meningkatkan kompetensi profesional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Tsanawiyah al-Hamidiyah Depok. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu jenis penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan dari obyek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kompetensi profesional guru PAI relative baik, yaitu kesesuaian teori dengan hasil wawancara dengan guru PAI dan diperkuat dengan hasil penelitian penulis pada persepsi siswa yaitu beberapa indikator sudah terpenuhi dengan baik. Namun, ada beberapa kompetensi profesional guru PAI yang belum memenuhi indikator-indikator dalam kompetensi profesional. (2) usaha-usaha yang dilakukan pihak sekolah untuk meningkatkan kompetensi profesional adalah: a) memberdayakan guru-guru PAI untuk mengikuti seminar, loka karya, dan penataran. b) studi banding ke sekolah yang dianggap lebih maju. c) melengkapi sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Kompetensi Profesional, Kualitas Pembelajaran | en_US |
dc.title | Analisis Kompetensi Profesional Guru PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Al-Hamidiyah Depok | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
11311054.pdf Restricted Access | 893.72 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
11311054_Publik.pdf Restricted Access | 336.34 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.