Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3754
Title: | Talaqqi Musyafahah dalam Halaqah Qira’at (Studi Analisis Teori dan Praktik Pengajaran Ilmu Qira’at Ahsin Sakho Muhammad) |
Authors: | Khairatun Hissan, 221411037 |
Advisor: | Romlah Widayati Ade Naelul Huda |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bentuk kontribusi Ahsin Sakho Muhammad dalam mengembangkan ilmu qirā’āt di Indonesia. Dimana Ahsin Sakho Muhammad membina para kader dalam ḥalaqah qirā’āt untuk menyiapkan generasi penerus agar ilmu qirā’āt terus berkembang di masa depan. Tesis ini memiliki persamaan kajian dengan Ita Rahmania Kusumawati (2017) yang membahas tentang pelestarian qirā’āt Al-Qur’an di Indonesia. Sebaliknya tesis ini memiliki perbedaan kajian dengan Achmad Khotib (2015) yang membahas eksistensi qirā’āt di masyarakat luas secara umum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dilakukan dengan pendekatan kajian kepustakaan dan wawancara serta melakukan observasi dari karya-karya Ahsin Sakho Muhammad. Hasil penelitian menyimpulkan dari tiga ḥalaqah yang diasuh Ahsin Sakho Muhammad menggunakan teori dan praktik ifrād al-qirā’āt, jam‘u al-qirā’āt dan ḥifẓ al-mutūn. Sehingga melahirkan para peserta yang mampu berkontribusi untuk mengembangkan ilmu qirā’āt seperti menulis buku pedoman belajar ilmu qirā’āt, menjadi pengajar, pembina dan dewan hakim pada MTQ cabang qirā’āt serta imam masjid dengan bacaan berbagai qirā’āt. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3754 |
Appears in Collections: | Tesis S2 Ilmu Al Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
221411037_Khairatun Hissan.pdf Restricted Access | 221411037_Tesis | 1.87 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
221411037_Khairatun Hissan_BAB 1&5.pdf | 221411037_Tesis_BAB 1&5 | 881.89 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.