Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3755
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSyahidah Rena-
dc.contributor.advisorSri Widyastri-
dc.contributor.authorRani Karya Fitri, 222430351-
dc.date.accessioned2024-09-30T02:45:51Z-
dc.date.available2024-09-30T02:45:51Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3755-
dc.description.abstractTujuan Tesis ini untuk menganalisa implementasi, dan efektivitas, ekstrakurikuler pendidikan agama islam di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang, serta menemukan faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan field research. Teknik pengumpulkan data dalam penelitian ini dengan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara kepada kepala sekolah, guru bidang studi, dan orangtua siswa, serta siswa kelas VI SDN 12 Gunung Megang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ekstrakurikuler pendidikan agama Islam di SDN 12 Gunung Megang mempunyai 3 tahapan: a. Perencanaan, yaitu seluruh program yang ada di Esktrakurikuler Pendidikan Agama Islam berlandaskan dengan Visi, SDN 12 Gunung Megang, yakni “Mewujudkan siswa-siswi SDN 12 Gunung Megangyang beriman, berakhlak, berprestasiserta cinta lingkungan”. b. Pelaksanaan program ekstrakurikuler ini diikuti dan melibatkan seluruh siswa di SDN 12 Gunung Megang dengan alokasi waktu yang berbeda-beda. c. Evaluasi, seluruh kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam berjalan kurang kondusif akibat dari, waktu pelaksanaan yang kurang memadai, tempat pelaksanaan yang kurang luas, serta kurang nya kerjasama anatar guru. 2. faktor pendukung pembentukan karakter religius pada siswa: a) komitmen serius sekolah; b) dukungan dan partisipasi dari orang tua siswa; c) lingkungan yang mengadakan kelompok-kelompok belajar mengaji dan menimba ilmu agama dan faktor penghambat pembentukan karakter religius pada siswa: a) Kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam yang berjalan kurang kondusif; b) kelalaian orang tua dalam mengawasi anak; b) pengaruh smart phone yang menyajikan fitur-fitur yang mengasyikkan seperti media sosial dan game. Ekstrakurikuler pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang cukup efektiv terhadap pembentukan karakter religius siswa, dengan tumbuhnya nilai Ilahiyah dan Insaniyah pada siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherProgram Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectEkstrakurikuleren_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.titleEfektivitas Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Peligius Siswa Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang Sumatera Selatanen_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
222430351_Rani Karya Fitri.pdf
  Restricted Access
222430351_Tesis5.92 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.