Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3766
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nur Aini Zaida | - |
dc.contributor.author | Elma Shintia Agustina, 19312152 | - |
dc.date.accessioned | 2024-10-16T06:56:33Z | - |
dc.date.available | 2024-10-16T06:56:33Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3766 | - |
dc.description.abstract | Penulisan ini dilatar belakangi oleh perubahan kondisi karakter siswa di sekolah seperti kurangnya rasa percaya diri dan peserta didik saat ini mudah terprovokasi dalam menerıma informasi yang belum jelas kebenarannya. Hal ini terjadi setelah diberlakukannya pendidikan daring (dalam jaringan) akibat pandemic covid-19 di Indonesia. Kondisi ini menarik untuk dikaji dan sekaligus menjadi bahan evaluasi pembelajaran. Aktivitas sosial masyarakat mulai kembali normal, begitupun dalam dunia pendidikan. Lembaga pendidikan mulai menata kembali kurikulum pembelajaran menuju kondisi seperti semula yakni sebelum pandemi berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil implementasi budaya religius dalam membentuk karakter religius siswa di SDN 03 Muaradua Palembang pasca pandemi covid19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analisis, dan teknik pengumpulan datanya ialah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi budaya religius dalam kehidupan sehari-hari di SDN 03 Muaradua Palembang ialah budaya religius harian, budaya religius mingguan, dan budaya religius tahunan. Implementasi budaya religius tersebut direalisasikan melalui strategi keteladanan, pembiasaan, nasihat, bercerita, perumpamaan, tanya jawab, memberi hadiah dan hukuman. Melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, dan kegiatan pengkondisian. Dari implementasi budaya religius tersebut dapat menghasilkan karakter religius pada siswa, seperti: sikap jujur, toleransi, disiplin, kerja keras kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunıkatıf, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, senyum, sapa, sopan, dan santun. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Budaya | en_US |
dc.subject | Karakter | en_US |
dc.subject | Religius | en_US |
dc.title | “Implementasi Budaya Religius dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Sekolah Dasar Negeri 03 Muaradua Palembang | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
104-19312152.pdf Restricted Access | 15.31 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
104-19312152_Publik.pdf Restricted Access | 1.71 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.