Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3770
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRifdah Farnidah-
dc.contributor.authorFirza Nasriyah, 16210733-
dc.date.accessioned2024-10-16T07:34:45Z-
dc.date.available2024-10-16T07:34:45Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3770-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh kerisauan penulis terhadap pembelajar atau penghafal Al-Qur’an yang masih kurang optimal dalam bacaan Al-Qur’an, sehingga banyak santri yang membaca atau menghafal AlQur’an dalam segi bacaannya masih jauh dari kualitas yang baik dan benar sesuai dengan yang diinginkan oleh Al-Qur’an. Dari sini lah penulis ingin mengetahui lebih jauh bagaimana para santri memahami bahwa membaca AlQur’an itu harus dengan cara yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas bacaan Al-Qur’an santri kalong pada program tahfidz juz 30, mengetahui pelaksanaan tradisi belajar mengajar Al- Qur’an, mengetahui faktor pendukung dan penghambat kualitas bacaan Al-Qur’an santri kalong di Pondok Pesantren Al-Munawwar Tapos Depok, serta mengetahui Solusi Menghadapi Kendala dalam Membaca Al-Qur’an dengan Tartil. Perbedaan dari penelitian terdahulu dengan penelitian ini yaitu terletak pada objek penelitiannya, dan persamaannya yaitu yang dijadikan subjek penelitian adalah kualitas bacaan Al-Qur’an seperti contoh dari skripsi terdahulu yang berjudul “Kualitas Bacaan Al-Qur’an santri TPQ Al-Firdaus Semboro Jember. Penyusunan penelitian ini menggunakan kualitatif Studi Living Qur’an, maka sumber data primernya didapat dari hasil penelitian peneliti di lapangan. Sedangkan data sekundernya diambil dari sumber-sumber lain, seperti buku, artikel jurnal, skripsi, dan lainnya. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, tes bacaan Al-Qur’an santri kalong di Pondok Pesantren AlMunawwar Tapos Depok. Adapun parameter atau alat ukur yang digunakan sebagai pengukuran kualitas bacaan Al-Qur’an adalah Metode Maisura. Setelah dilakukan penelitian, penilaian bacaan Al-Qur’an dari 20 santri kalong, dari aspek Makharij al- Ḥuruf dan Ṣifat al- Ḥuruf , rata-rata mendapat nilai B (Baik). Dari aspek bacaan Ghunnah, rata-rata mendapat nilai B (Baik). Dan dari aspek Ahkamul Mad wal Qashr, rata-rata mendapat nilai B (Baik). Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa kualitas bacaan AlQur’an santri kalong Pondok Pesantren Al-Munawwar dalam kategori B (Baik)en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKualitas Bacaan Al-Qur’anen_US
dc.subjectSantri Kalongen_US
dc.title“Kualitas Bacaan Al- Qur’an Santri Kalong Pada Tahfidz Juz 30 (Studi Living Qur’an Di Pondok Pesantren Al- Munawwar Tapos Depok)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
165-16210733.pdf
  Restricted Access
4.03 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
165-16210733_Publik.pdf
  Restricted Access
2.89 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.