Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3820
Title: | Motivasi dan Strategi Santri dalam Menghafal AlQur’an (Studi Living Qur’ān di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Demak, Jawa Tengah) |
Authors: | Tyas Rizqi Elfariani, 20211522 |
Advisor: | Hana Natasya |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu upaya untuk menjadikan Al-Qur’an lebih bermakna dan petunjuk bagi penghafal Al-Qur’an. Namun, dalam menghafal Al-Qur’an seringkali terdapat beberapa kendala, diantaranya adanya kesibukan dengan kegiatan lain, rasa malas dan kurang fokus, sulit menghafal dan sering lupa, serta faktor kesehatan yang dapat mempengaruhi konsistensi dalam menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk menggali motivasi dan strategi yang digunakan oleh santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Demak dalam proses menghafal Al-Qur'an. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif serta metode analisis data dengan deskriptif analisis perspektif fenomenologi, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Dalam memperoleh data primer, melibatkan wawancara langsung dengan pengasuh dan para santri yang sedang menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Demak. Adapun data sekunder meliputi artikel, jurnal, dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Demak, memiliki motivasi yang kuat dalam menghafal Al-Qur'an, terbagi menjadi motivasi internal dan eksternal. Motivasi internal meliputi niat yang tulus serta keinginan untuk mendapatkan keutamaan dari menghafal Al-Qur'an, sedangkan motivasi eksternal meliputi dukungan dari orangtua, pengaruh lingkungan atau teman, serta inspirasi dari tokoh yang dihormati. Adapun strategi yang diterapkan oleh santri meliputi menjaga niat yang tulus hanya karena Allah SWT, menggunakan satu jenis mushaf untuk memudahkan visualisasi hafalan, mengelola waktu dengan baik untuk menambah hafalan dan melakukan muroja'ah secara berkala baik secara individu maupun berkelompok, serta mengikuti evaluasi hafalan yang diadakan oleh pesantren. Faktor pendukung dalam proses ini meliputi metode yang terstruktur seperti penyetoran hafalan kepada pengasuh dan penggunaan buku kontrol, fasilitas dan lingkungan yang kondusif, peran guru yang disiplin, serta persiapan dan usia yang optimal. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3820 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
23-20211522.pdf Restricted Access | 2.02 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
23-20211522_Publik.pdf Restricted Access | 993.64 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.