Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3893
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sofian Effendi | - |
dc.contributor.author | Kamila, 20211577 | - |
dc.date.accessioned | 2024-10-29T08:47:22Z | - |
dc.date.available | 2024-10-29T08:47:22Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3893 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fanatisme kelompok yang berujung pada saling mengkafirkan dan pertentangan antara paham Sunni dan Mu’tazilah yang sering berujung pada ekstrimisme bagi penganutnya yang berdampak buruk. Tindakan tersebut, menunjukkan bahwa adanya pola fikir yang terlalu fanatik di dalam kehidupan sosial dan beragama. Sehingga, Pendapat yang berbeda dengannya tidak dihargai. Untuk itu, dapat dirumuskan dalam penelitian ini, bagaimana tindakan yang tidak berujung pada tindakana ekstrimisme. Tujuan penelitian ini ialah untuk memberikan pemahaman terkait moderasi dalam kitāb Tafsīr Jāmiul Bayān ʻan Taʻwīli Āyil Qurʻān karya al-Ṭabarī dan kitāb Tafsīr alKasysyāf karya al-Zamakhsyarī. Serta, bertujuan untuk mengurangi tindakan-tindakan ekstremisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber penelitian kepustakaan. Sumber primer yang digunakan ialah kitāb Tafsīr Jāmiul Bayān ʻan Taʻwīli Āyil Qurʻān karya al-Ṭabarī dan kitāb Tafsīr al-Kasysyāf karya al-Zamakhsyarī. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik dokumentasi. Teknik analisis penelitian yang digunakan ialah metode penulisan yang sifatnya deskriptif analitis. Dan, dengan menggunakan pendekatan tematik dan teori komparatif (muqarran). Hasil penelitian ini adalah, 1). Dalam Al-Qur’an terdapat lima ayat tentang moderasi dengan lafaẓ wasaṭ dalam bentuk yang berbeda-beda, diantaranya sebgai berikut: (1). QS. AlBaqarah [2]: 143 dengan lafaẓ wasaṭan. (2). QS. Al-Baqarah [2]: 238 dengan lafaẓ wusṭa. (3). QS. Al-Māidah [5]: 89 dengan lafaẓ ausat. (4). QS. Al-Qalam [68]: 28 dengan lafaẓ ausaṭuhum. (5). QS. Al-ʻĀdiyāt [100]: 5 dengan lafaẓ fawasaṭna. 2). Berdasarkan analisis perbandingan penafsiran al-Ṭabarī dan al-Zamakhsyarī, salah satu contoh perbedaan di antara keduanya, yaitu al-Ṭabarī mengartikan kata Wasaṭan ialah adil, jika berada diantara kedua sisi, seperti diantara umat Yahudi dan Nasrani. Adapun al-Zamaksyarī mengartikan kata Wasaṭan ialah adil, jika berada di antara bagian tepi-tepi yang tidak melenceng lebih dekat ke salah satu tepinya. Al-Ṭabarī juga mengartikan pilihan, jika mereka mendapatkan petunjuk dari Allah dan mereka yang hidup sederhana apabila ingin memajukan taraf kehidupannya, bersikap adil dan tidak berat sebelah. Al-Zamaksyarī juga mengartikan pilihan, jika berdasarkan kaidah nahwu merupakan sifat yang berasal dari isim yang bermakna ء يْ شَّ ال و ْسط . Oleh karena itu, kalimat طاً س وَّ setara untuk mufrad, jama’, mużakkar dan mu’annaṣ. 3). Kontekstualisasi moderasi dalam penafsiran al-Ṭabarī dan al-Zamakhsyarī, pada negara Indonesia saat ini, yaitu menolak melakukan perbuatan yang ekstrem dalam bernegara, seperti halnya fanatik terhadap agama dan fanatik terhadap kelompok masyarakat tertentu. Oleh karena itu, untuk merealisasikan sebuah nilai moderasi dari pada fanatik maka sebaiknya bersikap seimbang, yaitu sikap saling menghormati ibadah antar pemeluk agama lain. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Narasi | en_US |
dc.subject | Moderasi | en_US |
dc.subject | Tafsir | en_US |
dc.subject | Sunni | en_US |
dc.subject | Mu’tazilah | en_US |
dc.title | Narasi Moderasi Dalam Tafsir Sunni Dan Mu'tazilah (Studi Komparatif Tafsīr Jāmiul Bayān ʻAn Taʻwīl Āyil Qurʻān dan Tafsīr al-Kasysyāf | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
96-20211577_Publik.pdf Restricted Access | 1.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
96-20211577_Publik.pdf Restricted Access | 1.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.