Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/393
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Ahmad Fathoni | - |
dc.contributor.author | Masyrokhah, 11311084 | - |
dc.date.accessioned | 2020-01-02T07:49:26Z | - |
dc.date.available | 2020-01-02T07:49:26Z | - |
dc.date.issued | 2018 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/393 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang penulisan skripsi ini karena pembelajaran Al-Qur‟an pada anak usia dini masih banyaknya metode yang kurang efektif. Dan antusias orang tua terhadap pembelajaran Al-Qur‟an pada anak usia dini cenderung masih rendah. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui efektifitas metode Sedayu dalam pembelajaran Al-Qur‟an pada anak usia dini di MTA Nurani Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menulis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya dijelaskan pada gejala-gejala yang tampak. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa metode sedayu merupakan salah satu metode yang tepat untuk pembelajaran Al- Qur‟an pada anak usia dini di MTA Nurani Jagakarsa Jakarta Selatan. Metode sedayu ini diterapkan agar anak usia dini dapat membaca Al- Qur‟an dengan baik dan benar sesuai makhorijul hurufnya. Dimana mereka belajar mengenal mulai dari huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan imajinasi mereka, karena metode sedayu cara belajarnya tidak dikasih tau secara langsung, melainkan anak bisa menemukan sendiri (inquiri) dengan arahan guru menggunakan perumpamaan sesuai nalar anak usia dini. Sehingga ingatan akan huruf-huruf hijaiyahnya menempel kuat dimemorinya para santri. Hal ini menjadikan pencapaia hasil pembelajaran Al-Qur‟an pada anak usia dini lebih baik, hasil yang lebih baik menunjukan prestasi belajar yang meningkat dan dapat disimpulkan bahwa metode sedayu sangat efektif dalam pembelajaran Al-Qur‟an pada anak usia dini di MTA Nurani Jagakarsa Jakarta Selatan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Efektivitas, Sedayu | en_US |
dc.title | Efektivitas Metode Sedayu Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Pada Anak Usia Dini (Penelitian Tindakan pada Santri di Ma’had Tahfidh Al-Qur’an Nurani Jagakarsa, Jakarta Selatan) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
11311084.pdf Restricted Access | 2.11 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.