Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3962
Title: | Tradisi Tahfizh Al-Qur’an Disabilitas Tuannetra (Studi Living Qur’an di SLB-A PTN Jakarta) |
Authors: | Ashfa Rufaidah, 20211371 |
Advisor: | Rifdah Farnidah |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Fenomena menghafal Al-Qur'an semakin populer di masyarakat, namun banyak orang masih berpikir bahwa proses ini sulit. Pandangan semacam ini tidak seharusnya dibiarkan berkembang dan harus dihilangkan dari pikiran setiap Muslim, karena pandangan tersebut tidak sesuai dengan fakta dan bertentangan dengan penjelasan serta janji Allah yang menyatakan bahwa Al-Qur'an itu mudah dihafal. Kenyataannya, selalu ada banyak orang di setiap generasi yang berhasil menghafal Al-Qur'an. Salah satu nya ialah kegiatan menghafal Al-Qur’an yang diadakan di SLBA PTN Jakarta. Tradisi Tahfizh Al-Qur'an bagi penyandang disabilitas tunanetra di SLB-A PTN Jakarta telah menjadi aspek penting dalam pendidikan Islam, mendukung penerapan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Ini menunjukkan bahwa AlQur'an bukanlah hanya teks statis namun Al-Qur’an dapat dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan praktis Al-Qur'an di SLB-A PTN Jakarta berupa Tradisi Tahfizh Al-Qur’an yang sudah berlangsung sejak lama, dan hal ini memberikan dampak spiritual yang signifikan bagi siswa tunanetra di sekolah tersebut. Dampak spiritual Tradisi Tahfizh Al-Qur’an bervariasi antara satu individu dengan individu lain nya. Persamaan penelitian ini dengan penelitian lain nya yaitu sama-sama mengkaji tentang tradisi tahfizh Al-Qur’an namun perbedaan nya terletak pada objek kajian nya, pada penelitian lain sebagian besar objek penelitian nya ialah orang awas sedangkan dalam penelitian ini objek penelitian nya tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang tergolong penelitian lapangan ( field research) dengan pendekatan Resespsi Fungsional Ahmad Rafiq yang fokus utama nya adalah bagaimana genealogi tradisi tahfizh Al-Qur’an disabilitas tunanetra , pelaksanaan,dan resepsi siswa yang ikut serta dalam tradisi ini. Sumber data primer dalam penelitian ini merupakah hasil wawancara dengan beberapa informan, dengan teknik pengumpulan data purposive sampling. Adapun sumber data sekunder penelitian ini ditunjang dengan literatur yang berkaitan dengan tahfizh AlQur’an, dan juga data yang di dapatkan di lembaga penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi tahfizh Al-Qur’an disabilitas tunanetra ini ini telah berlangsung sejak tahun 1984. Praktik ini telah menjadi rutinitas bagi setiap siswa tunanetra di SLB-A PTN Jakarta dan telah memberikan dampak spiritual yang positif bagi siswa. Resepsi Tahfizh Al- Qur’an di SLB-A PTN Jakarta memberikan dampak yang bervariasi antara satu individu dengan individu lain nya. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3962 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
165-20211371.pdf Restricted Access | 1.01 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
165-20211371_Publik.pdf Restricted Access | 614.85 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.