Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3976
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuhamad Hizbullah-
dc.contributor.authorShafira Ramadhani, 20220210-
dc.date.accessioned2024-10-31T05:12:57Z-
dc.date.available2024-10-31T05:12:57Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3976-
dc.description.abstractPerkembangan teknologi informasi dan media sosial, khususnya Instagram, telah membuka peluang baru untuk menyebarkan pesan dakwah. Pentingnya menciptakan suasana positif di media sosial dengan konten yang bermanfaat menjadi semakin relevan. Akun Instagram @quranreview merespon isu-isu populer tentang Muslimah dengan mengemasnya menjadi pesan dakwah yang edukatif. Pembahasan ini penting untuk dikaji guna meningkatkan pemahaman perihal perempuan berlandaskan Al-Qur‟an. Penelitian ini menganalisis postingan akun Instagram @quranreview yang memuat konten tentang isu muslimah populer di media sosial menggunakan analisis isi dan diklasifikasikan berdasarkan teknik komunikasi persuasif menurut Onong Uchjana Effendy dalam buku Dinamika Komunikasi pada postingan yang sama. Teknik komunikasi persuasif yang dimaksud yaitu Teknik Asosiasi, Teknik Integrasi, Teknik Ganjaran, Teknik Tataan dan Teknik Red-Herring. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan analisis penelitian tersebut, maka didapat beberapa kesimpulan bahwa akun Instagram @quranreview menggunakan kelima teknik komunikasi persuasif melalui postingannya. Pada tiap-tiap postingan terdapat lebih dari satu penggunaan teknik komunikasi persuasif. Adapun teknik komunikasi persuasif yang paling banyak digunakan pada 5 postingan tersebut yakni teknik asosiasi dan teknik tataan. Dari kelima teknik komunikasi tersebut, akun Instagram @quranreview lebih banyak menggunakan teknik asosiasi dan teknik tataan dalam memersuasi audiensnya. Artinya akun @quranreview lebih banyak menggunakan trend atau suatu persitiwa yang populer sebagai pembahasan dan penataan pesan yang baik sehingga dapat relevan dan enak dibaca oleh audiens.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectTeknik Komunikasi Persuasifen_US
dc.subjectAkun Instagram @Quranreviewen_US
dc.subjectIsu Populer Muslimahen_US
dc.titleTeknik Komunikasi Persuasif dalam Pengemasan Konten Isu-isu Populer Muslimah di Media Sosial (Analisis Isi Akun Instagram @Quranreviewen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14-20220201.pdf
  Restricted Access
2.97 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
14-20220201_Publik.pdf
  Restricted Access
1.8 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.