Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3985
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorUpi Zahra-
dc.contributor.authorDhiya Aneila Fajrin Nashwa, 20220176-
dc.date.accessioned2024-10-31T05:40:43Z-
dc.date.available2024-10-31T05:40:43Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3985-
dc.description.abstractDakwah adalah kegiatan mengajak seseorang untuk mengenal dekat Allah SWT. Pada era globalisasi membuat dakwah semakin berkembang dan menjadi tantangan bagi seorang da’i. Diperlukan strategi serta metode yang tepat untuk keberhasilan dakwah. Strategi adalah sebuah rencana yang digunakan untuk mecapai sebuah tujuan dakwah dan metode adalah sebuah alat atau teknik untuk mencapai keberhasilan dakwah. Tujuan dalam penelitian ini untuk memberikan analisa mengenai metode apa yang digunakan oleh Ustaz Nasrullah dalam menjelaskan ilmu magnet rezeki kepada khalayak masyarakat melalui unggahan dakwahnya dalam channel Sobat Berbagi di YouTube. Serta apa yang menjadi faktor dalam keberhasilan dakwah dan keistimewaan yang ada pada dakwah Ustaz Nasrullah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini terletak pada bagaimana strategi dan metode dakwah Ustaz Nasrullah dalam berdakwah ilmu magnet rezeki di media sosial khususnya YouTube pada kanal sobat berbagi, yang menjadi salah usaha mencari rezeki dalam bentuk spiritual. Persamaan pada penelitian terdahulu banyak yang membahas tentang strategi dakwah dengan aplikasi YouTube, namun perbedaan pada teori yang digunakan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Menggunakan 3 metode yang dikemukakan oleh Syekh Muhammad AlBayanuni yang disebut sebagai teori Al-Bayanuni. Di dalam teori ini alBayanuni menjelaskan ada 3 metode dalam berdakwah, antara lain: metode al-‘Athifi atau sentimental, metode al-‘Aqli atau rasional, dan metode al-Hissi atau indrawi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, bahwa pada metode al-‘Athifi, Ustaz Nasrullah menggunakan kalimat nasihat yang lembut dan mengajak. Pada metode al- ‘Aqli, Ustaz Nasrullah memberikan sebuah perumpamaan ringan dan mudah untuk dipahami serta memberikan contoh kisah nyata. Pada metode al-Hissi, Ustaz Nasrullah memberikan sebuah pelajaran untuk dipraktikan, seperti mengubah kalimat negatif ke positif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi Dakwahen_US
dc.subjectIlmu Magnet Rezekien_US
dc.subjectMetode Al-Bayanunien_US
dc.titleStrategi Dakwah Ustaz Nasrullah Ilmu Magnet Rezeki Pada Metode Al-Bayanuni di YouTube (Analisis Channel Sobat Berbagi)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
23-20220176.pdf
  Restricted Access
3.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
23-20220176_Publik.pdf
  Restricted Access
1.58 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.