Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3991
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorReksiana-
dc.contributor.authorAfza Zulfa Laila, 20312202-
dc.date.accessioned2024-11-01T05:12:27Z-
dc.date.available2024-11-01T05:12:27Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3991-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi digital yang sangat pesat yang sudah memasuki berbagai aspek kehidupan, salah satunya ke dalam dunia pendidikan. Di MTs Pembangunan Jakarta sudah menggunakan bahan ajar digital berupa E-modul yang dimana menjadi tuntutan bagi guru untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi secara efektif dalam kegiatan mengajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan E-modul berbasis aplikasi Canva dalam meningkatkan capaian pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Pembangunan Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Madrasah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, 2 Guru Al-Qur’an Hadis, dan 4 Peserta Didik Kelas VII dan VIII MTs Pembangunan Jakarta. Dan teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-modul berbasis aplikasi Canva dalam meningkatkan capaian pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Pembangunan Jakarta sudah berjalan dengan baik. Kemampuan guru AlQur’an Hadis yang sudah menyesuaikan dengan pembelajaran digital dimana Madrasah juga mengadakan workshop bagi guru. Pencapaian peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis meliputi tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan melihat kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dan Hadis dengan benar, serta hafalan ayat-ayat Al-Qur’an, pengenalan arti atau makna secara sederhana surah pendek dan hadis melalui pembiasaan sudah termasuk kedalam kategori nilai kognitif C1-C5. Dengan pemberian tugas dari guru berupa membuat materi presentasinya masingmasing peserta didik sudah masuk kategori menciptakan (create) atau C6 penilaian kognitifnya. Adapun penentuan keberhasilan capaian pembelajaran yang diraih oleh peserta didik dapat dilihat dari nilai sikap sehari-hari, nilai keterampilan membaca Al-Qur’an, dan nilai pengetahuan yang didapat ketika penilaian harian (PH) maupun penilaian akhir semester (PAS).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPembelajaran Digitalen_US
dc.subjectCapaian Pembelajaran Al-Qur’an Hadisen_US
dc.subjectE-modul Canvaen_US
dc.titlePenggunaan E-Modul Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Capaian Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Pembangunan Jakartaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14-20312202.pdf
  Restricted Access
4.74 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
14-20312202_Publik.pdf
  Restricted Access
1.43 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.