Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3993
Title: | Implementasi Model Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDIT Darul Qur’an Mulia Bogor |
Authors: | Amanda Sahla Febriani, 20312274 |
Advisor: | Esi Hairani |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDIT Darul Qur’an Mulia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V, guru PAI, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL pada pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa lebih mampu mengaitkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari, menerapkan nilai-nilai islami dalam perilaku mereka, dan menunjukkan peningkatan partisipasi aktif alam proses pembelajaran. Selain itu, guru PAI juga melaporkan bahwa model CTL membantu mereka dalam merancang pembelajaran yang lebih menarik dan relevan bagi siswa. Kesimpulannya, implementasi model CTL dalam pembelajaran PAI di SIDT Darul Qur’an Mulia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Rekomendasi yang diberikan kepada pihak sekolah untuk terus mengembangkan dan menerapkan model CTL dalam berbagai mata pelajaran guna mencapai hasil belajar yang optimal. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3993 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
16-20312274.pdf Restricted Access | 2.92 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
16-20312274_Publik.pdf Restricted Access | 889.16 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.