Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3993
Title: Implementasi Model Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDIT Darul Qur’an Mulia Bogor
Authors: Amanda Sahla Febriani, 20312274
Advisor: Esi Hairani
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDIT Darul Qur’an Mulia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V, guru PAI, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL pada pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa lebih mampu mengaitkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari, menerapkan nilai-nilai islami dalam perilaku mereka, dan menunjukkan peningkatan partisipasi aktif alam proses pembelajaran. Selain itu, guru PAI juga melaporkan bahwa model CTL membantu mereka dalam merancang pembelajaran yang lebih menarik dan relevan bagi siswa. Kesimpulannya, implementasi model CTL dalam pembelajaran PAI di SIDT Darul Qur’an Mulia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Rekomendasi yang diberikan kepada pihak sekolah untuk terus mengembangkan dan menerapkan model CTL dalam berbagai mata pelajaran guna mencapai hasil belajar yang optimal.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3993
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16-20312274.pdf
  Restricted Access
2.92 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
16-20312274_Publik.pdf
  Restricted Access
889.16 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.