Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3996
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEka Naelia Rahmah-
dc.contributor.authorWafiq Nur Azizah, 20312349-
dc.date.accessioned2024-11-01T05:27:12Z-
dc.date.available2024-11-01T05:27:12Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3996-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi karena terjadinya penurunan karakter peserta didik yang faktor utamanya disebabkan oleh sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. Salah satu upaya dalam mengatasai masalah tersebut yaitu Mendikbudristek meluncurkan Kurikulum Merdeka beserta inovasinya dalam bentuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan karakter dan kompetensi peserta didik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter siswa di MTsN 12 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Projek Penguatan Projek Pelajar Pancasila terdapat 3 tahapan, yaitu: 1) Tahap perencanaan, meliputi pembentukan tim fasilitator P5, mengidentifikasi tingkat kesiapan sekolah, merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu, menyusun modul projek, merancang strategi pelaporan hasil projek, 2) Tahap pelaksanaan, meliputi mengawali, mengoptimalkan, dan menutup pelaksanaan kegiatan projek, 3) Tahap evaluasi, dengan menggunakan metode diskusi dua arah, observasi, serta rubrik dan angket sebagai alat evaluasi. Karakter siswa dapat terbentuk melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, karakter religius siswa terlihat dari pembiasaan siswa mengawali aktivitas dengan berdo‟a, karakter nasionalis siswa dikembangkan melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) pada tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, karakter mandiri terlihat dari kemampuan siswa untuk merencanakan dan menyelesaikan kegiatan projek secara mandiri. Kolaborasi dan kerja sama siswa dalam melaksanakan kegiatan projek menunjukkan karakter gotong royong yang dimiliki siswa, serta karakter integritas terlihat dari bagaimana siswa dapat menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.subjectProjek Penguatanen_US
dc.subjectProfil Pelajar Pancasilaen_US
dc.titleImplementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTsN 12 Jakartaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
19-20312349.pdf
  Restricted Access
4.2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
19-20312349_Publik.pdf
  Restricted Access
1.31 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.