Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3997
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Fajar Syarif | - |
dc.contributor.author | Miski Arsyani, 20312293 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-01T05:31:58Z | - |
dc.date.available | 2024-11-01T05:31:58Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3997 | - |
dc.description.abstract | Dalam dunia pendidikan metode pembelajaran sangat penting untuk membantu peserta didik dalam memahami dan mengingat informasi dengan baik. Sering kita jumpai banyak guru yang masih menggunakan metode pembelajaran seperti ceramah dan pembacaan buku teks yang menyebabkan pembelajaran terkesan monoton, sehingga menyebabkan menurunnya keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, kurang antusias, bahkan merasa bosan menyebabkan peserta didik sibuk dengan dunianya sendiri. Dengan adanya permasalahan ini, peneliti merasa tertarik untuk membahas mengenai penerapan metode bernyanyi dalam menguatkan daya ingat sebagai pendekatan yang lebih kreatif dan interaktif. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam menguatkan daya ingat pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal Jakarta. Penelitian ini berfokus pada penerapan metode bernyanyi dalam menguatkan daya ingat pada mata pelajaran Akidah Akhlak, dalam beberapa referensi yang peneliti temui metode bernyanyi ini juga mampu meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitiannya berupa data primer yaitu menggunakan metode wawancara dan survei, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku ataupun jurnal. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam memperoleh informasi berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode bernyanyi pada mata pelajaran akidah akhlak memiliki dampak positif dalam menguatkan daya ingat siswa. Metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Karena metode bernyanyi membuat pembelajaran menjadi aktif, menyenangkan serta menciptakan pengalaman belajar yang dapat membantu siswa lebih mudah dalam mengingat juga memahami materi akidah akhlak yang diajarkan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Metode Bernyanyi | en_US |
dc.subject | Daya Ingat | en_US |
dc.subject | Akidah Akhlak | en_US |
dc.title | Penerapan Metode Bernyanyi dalam Menguatkan Daya Ingat Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal Jakarta | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
20-20312293.pdf Restricted Access | 2.9 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
20-20312293_Publik.pdf Restricted Access | 1.29 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.