Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4000
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Reksiana | - |
dc.contributor.author | Nurhaliza Sy, 20312330 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-01T05:39:25Z | - |
dc.date.available | 2024-11-01T05:39:25Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4000 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi karena munculnya kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka dan pemulihan sistem pendidikan dari krisis belajar. Salah satunya, perlu ada upaya yang melibatkan penguatan kapasitas guru. Perubahan kurikulum dapat mendukung upaya dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum merdeka dengan kurikulum pesantren khususnya pada mata pelajaran PAI kelas IX Pondok Pesantren al-Amanah al-Gontory Tangerang Selatan. Melalui penerapan kurikulum ini, diharapkan santriwan dan santriwati tidak hanya memiliki pengetahuan umum dan agama, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu terdiri dari bagian kurikulum, guru PAI, pengasuhan santriwan dan santriwati serta para peserta didik kelas IX MTs al-Amanah al-Gontory, Tangerang Selatan. Tehnik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka dengan kurikulum pesantren pada mata pelajaran PAI penting untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan mengembangkan kompetensi santriwan dan santriwati. Dalam pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik dan lancar, salah satunya dengan adanya projek penguatan profil pelajar pancasila, pembelajaran berdiferensiasi dan metode pembelajaran yang bervariasi. Namun ada beberapa kendala terkait dengan penyesuaian kurikulum, karena banyak guru yang masih memerlukan waktu untuk mengikuti pelatihan mengenai penerapan kurikulum merdeka dengan kurikulum pesantren dalam pembelajaran PAI. Selain itu kurangnya penyesuaian waktu pembelajaran yang tidak sesuai dengan kegiatan sekolah dan kegiatan pesantren. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Kurikulum Merdeka | en_US |
dc.subject | Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.subject | Kurikulum Pesantren | en_US |
dc.title | Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dengan Kurikulum Pesantren pada Mata Pelajaran PAI di Pondok Pesantren alAmanah al-Gontory | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
23-20312330.pdf Restricted Access | 2.82 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
23-20312330_Publik.pdf Restricted Access | 979.79 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.