Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4003
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSri Tuti Rahmawati-
dc.contributor.authorAulia Amanni, 20312316-
dc.date.accessioned2024-11-01T05:48:36Z-
dc.date.available2024-11-01T05:48:36Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4003-
dc.description.abstractTugas seorang pendidik dalam dunia pendidikan tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan di dalam kelas saja, namun juga melatih keterampilan peserta didik di luar kelas melalui program ekstrakurikuler dari lembaga pendidikan tersebut, salah satu contohnya seperti kegiatan ekstrakurikuler muḥāḍarah. Kegiatan muḥāḍarah membantu untuk melatih kemampuan peserta didik berbicara dengan berani di depan orang banyak tanpa merasa gugup. Sebab, kepercayaan diri adalah keterampilan yang bisa dilatih, bukan keterampilan yang dimiliki sejak lahir. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler muḥāḍarah dalam meningkatkan kepercayaan diri santri dan mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler muḥāḍarah di Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Irsyadiyah Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data ada tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan muḥāḍarah melibatkan tiga tahapan, yaitu: 1) Perencanaan, ditetapkan tujuan dan dilakukan persiapan seperti pembagian kelompok, pemilihan tema, pengumpulan bahan ceramah, serta latihan dan bimbingan, 2) Pelaksanaan dilakukan dalam bentuk seremoni tabligh yang mencakup MC, doa, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, khutbah, syarhil, ceramah, dan hiburan, 3) Evaluasi dilakukan selama acara dengan memberikan masukan setelah penampilan, dan ujian muḥāḍarah di akhir semester dimasukkan ke dalam rapor santri sebagai nilai ekstrakurikuler. Kegiatan ini efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri santri melalui latihan berbicara di depan umum, bimbingan rutin, motivasi, dan apresiasi dari guru. Sikap objektif dan tanggung jawab santri ditingkatkan melalui refleksi diri dan penunjukan sebagai petugas, sementara kemampuan berpikir rasional berkembang melalui diskusi dan pencarian materi ceramah. Faktor pendukung termasuk dukungan kepala sekolah, guru pembimbing, dan orang tua, serta semangat santri. Faktor penghambat meliputi waktu yang terbatas dan kurangnya persiapan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKegiatan Ekstrakurikuleren_US
dc.subjectMuḥāḍarahen_US
dc.subjectRasa Percaya Dirien_US
dc.titleImplementasi Ekstrakurikuler Muḥāḍarah Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Santri di Pondok Pesantren Darul Qur’an AlIrsyadiyah Jambien_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
26-20312316.pdf
  Restricted Access
3.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
26-20312316_Publik.pdf
  Restricted Access
1.15 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.