Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4004
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Muh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet | - |
dc.contributor.author | Hafidzah Alimatus Saadah, 20312213 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-01T05:59:15Z | - |
dc.date.available | 2024-11-01T05:59:15Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4004 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan mengenai banyaknya siswa yang kurang mampu bersikap mandiri baik dalam belajar maupun dalam melakukan kehidupan sehari hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program bilingual Tahfiz AlQur’an, bentuk-bentuk kemandirian belajar siswa dan faktor pendukung dalam membentuk kemandirian belajar siswa bilingual Tahfiz Al-Qur’an di MTs Pembangunan Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendektan deskriftif kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan suatu fenomena sosial yang terjadi dengan memberikan gambaran sesuai dengan faktanya. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Program bilingual Tahfiz AlQur’an di MTs pembangunan Jakarta ada tiga, yaitu: a. kegiatan mingguan yang meliputi ziyadah dan muraja’ah, santri pagi, al-Kahfi bersama, nagham Al-Qur’an, sima’an dhuha, b. kegiatan bulanan yang meliputi buka puasa bersama, MABIT (Malam Bina Intensif Tahfiz), c. kegitan tahunan yang meliputi Tahfiz camp, ujian Tahfiz, dan wisuda Tahfiz. 2) Bentuk kemandirian belajar siswa kelas VIII bilingual Tahfiz Al-Qur’an di MTs Pembangunan Jakarta meliputi kedisiplinan dimana siswa memiliki kemampuan dalam mengatur waktu, mengikuti peraturan, dan tetap fokus pada tujuan belajarnya, tanggung jawab dimana siswa selalu menyetorka hafalan dan menuntaskan tugas belajar mereka, dan inisiatif siswa yang dapat dilihat dengan kemampuan siswa dalam memanfaatkan waktu luangnya untuk menambah hafalan. 3) Faktor pendukung dalam membentuk kemandirian belajar siswa kelas VIII bilingual Tahfiz Al-Qur’an meliputi pola asuh orang tua seperti orang tua yang selalu memberi dukungan terhadap siswa, sistem penididikan di sekolah seperti adanya guru-guru yang mumpuni dan lingkungan seperti ligkungan sosial termasuk interaksi yang positif antara guru dan teman sebaya. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Program Bilingual Tahfiz | en_US |
dc.subject | Kemandirian Belajar siswa | en_US |
dc.title | Penerapan Program Bilingual Tahfiz Al-Qur’an Dalam Menigkatkan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Di Mts Pembangunan Jakarta) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
27-20312213.pdf Restricted Access | 3.21 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
27-20312213_Publik.pdf Restricted Access | 1.13 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.