Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4005
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Shopiyah-
dc.contributor.authorDian Afifah, 20312208-
dc.date.accessioned2024-11-01T06:05:35Z-
dc.date.available2024-11-01T06:05:35Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4005-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sekolah berbasis Islami yang memiliki program tahfiż Al-Quran, tetapi sebagian kecil sekolah yang memiliki program tahfiż hadis. Sebagaimana telah diketahui bahwa Al-Qur’an dan hadis merupakan sumber ajaran agama Islam. Salah satu sekolah yang memiliki program tahfiż hadis adalah MA Annida Al Islamy Jakarta Barat. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengetahui karakter yang terbentuk pada siswa melalui program tahfiż hadis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Annida Al Islamy Jakarta Barat. Sumber data primer atau data utama dari penelitian yaitu kepala madrasah, instruktur tahfiż hadis, guru pembimbing, wali kelas, dan para siswa peserta tahfiż hadis. Adapun data sekunder dalam penelitian ini adalah kitab Shahih Bukhari karya Imam Bukhari yang merupakan materi hafalan hadis pada program tahfiż hadis yang penulis teliti, buku Pendidikan Karakter Jujur karya Imam Musbikin, buku Maqra 500 Hadis STQHN (Seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Hadis) 2023 (edisi terbaru), dan buku Maqra 100 hadis STQHN (Seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Hadis) 2023 (edisi terbaru). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menganalisis data secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan program tahfiż hadis pada hari Rabu dan Jum’at pukul 14.00-16.00 WIB, terkadang jadwal kegiatan berubah sewaktu-waktu menyesuaikan keadaan. Kegiatan tersebut dipandu oleh guru pembimbing yang meliputi: menyetorkan hafalan, menguji hafalan hadis yang sudah lalu, dan perbaikan intonasi pembacaan hadis. Khusus hari Jum’at siswa mengikuti mata pelajaran hadis yang diajarkan oleh instruktur tahfiż hadis, pada pembelajaran tersebut meliputi: pembacaan hadis sesuai dengan makharijul huruf, intonasi, fashohah, waqaf, dan ibtida. Karena hadis bersifat dialogis, maka hal-hal tersebut akan mempengaruhi orang yang mendengar dan pemahamannya. Selanjutnya yaitu memberi tarjamah, mufrodat, dan fawaid atau intisari hadis. (2) Implementasi program tahfiż hadis dapat membentuk beberapa karakter siswa yaitu: karakter taat, karakter jujur, karakter disiplin, karakter tanggung jawab, dan karakter sopan santunen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectTahfiżen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectHadisen_US
dc.titleImplementasi Program Tahfiż Hadis dalam Membentuk Karakter Siswa MA Annida Al Islamy Jakarta Baraten_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
28-20312208.pdf
  Restricted Access
3.93 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
28-20312208_Publik.pdf
  Restricted Access
1.69 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.