Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4006
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSri Tuti Rahmawati-
dc.contributor.authorArini Alfa Hidayah, 20312280-
dc.date.accessioned2024-11-01T06:09:00Z-
dc.date.available2024-11-01T06:09:00Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4006-
dc.description.abstractPenulisan ini dilatar belakangi karena masih banyaknya siswa atau remaja yang berperilaku negatif, maka diperlukan adanya dakwah dan penanaman nilai-nilai keislaman dalam diri setiap siswa. Namun demikian dalam berdakwah tentu dibutuhkan kepercayaan diri dari setiap individu, maka dalam penelitian ini akan membahas adanya salah satu program keagamaan di sekolah yaitu kegiatan Muḥāḍharah, dengan adanya program Muḥāḍharah ini dapat menanamkan nilai keislaman pada peserta didik serta dapat mengembangkan kemampuan bakat, minat dan proses pengembangan pendewasaan kemajuan mereka di masa depan terutama dalam hal dakwah serta melatih mereka untuk percaya diri dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan kegiatan Muḥāḍharah di SMPI Nurul Hidayah Depok, (2) Upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan Muḥāḍharah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data utama penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, koordinator bidang keagamaan, dan beberapa siswa SMP Islam Nurul Hidayah Depok. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh secara langsung dari penelitian berupa catatan, rekaman, foto dan data-data dari sumber yang terkait dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan muḥāḍharah sudah cukup baik untuk melatih keberanian kemampuan berbicara serta meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk tampil di depan banyak orang. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari jum’at pukul 07.15-08.00 WIB yang diikuti oleh semua siswa mulai dari kelas VII-IX. Kegiatan muḥāḍharah ini menggunakan bahasa Indonesia dengan metode naskah dan memoriter, untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan muḥāḍharah yaitu dengan melatih dan membiasakan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran serta mengikutsertakan siswa dalam berbagai perlombaan yang terintegrasi dengan kegiatan muḥāḍharah baik dalam acara PHBI, perlombaan antar sekolah, kecamatan ataupun kota.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectpercaya dirien_US
dc.subjectMuḥāḍharahen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMPI Nurul Hidayah Depok melalui Kegiatan Muḥāḍharahen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
29-20312280.pdf
  Restricted Access
2.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
29-20312280_Publik.pdf
  Restricted Access
941.62 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.