Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4009
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEsi Hairani-
dc.contributor.authorAyu Ratna Febrianti, 20312318-
dc.date.accessioned2024-11-01T06:58:03Z-
dc.date.available2024-11-01T06:58:03Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4009-
dc.description.abstractSalah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran serta kurangnya semangat belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas, terlebih dalam pembelajaran Baca Tahfiz Al-Qur’an. Karena itu diperlukan suatu metode menghafal yang inovatif salah satunya adalah dengan metode drill atau biasa disebut dengan metode latihan untuk mewujudkan peserta didik yang mampu menjadi penghafal Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode drill dalam meningkatkan kualitas pembelajaran baca tahfiz Al-Qur’an siswa kelas 5 MIN 2 Tangerang Selatan, dan untuk mengetahui indikator kualitas pembelajaran baca tahfizh Al-Qur’an yang digunakan siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Implementasi metode drill dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Baca Tahfiz Al-Qur’an pada siswa kelas 5 MIN 2 tangerang Selatan adalah terdiri dari tiga tahap, tahap perencanaan meliputi guru harus menyusun silabus dan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum pembelajaran dilaksanakan, menentukan tujuan, materi, metode dan media pembelajaran, tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, serta tahap evaluasi belajar meliputi tes lisan dan tes tulis. 2). Indikator kualitas pembelajaran yang digunakan pada pelajaran Baca tahfizh Al-Qur’an pada siswa MIN 2 Tangerang Selatan adalah pembelajaran yang mencapai tujuan pembelajaran meskipun belum terlaksana dengan baik, peserta didik aktif, kreatif, dan mandiri dalam pembelajaran, pembelajaran dirasakan manfaatnya dan mempunyai nilai-nilai (values) yang dapat di implementasikan dalam kehidupan, dll.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetode drillen_US
dc.subjectTahfizh Al-Qur’anen_US
dc.subjectKualitas Pembelajaranen_US
dc.titleImplementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Baca Tahfiz Al-Qur’an pada Siswa MIN 2 Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
33-20312318.pdf
  Restricted Access
3.98 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
33-20312318_Publik.pdf
  Restricted Access
1.76 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.