Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4011
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSyaidah Rena-
dc.contributor.authorHajidah Armila Nur Fauziah, 20312246-
dc.date.accessioned2024-11-01T07:03:36Z-
dc.date.available2024-11-01T07:03:36Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4011-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa masih banyak siswa yang prestasi belajarnya rendah akibat kurang optimalnya peran ibu dalam mendidik anak. Hal ini terjadi baik pada ibu yang berstatus sebagai ibu rumah tangga maupun ibu yang berstatus sebagai wanita karir. Prestasi belajar yang rendah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat berdampak negatif pada pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) antara siswa kelas 9 yang ibunya adalah ibu rumah tangga dan ibu wanita karir. Ibu rumah tangga cenderung memiliki lebih banyak waktu untuk terlibat dalam pendidikan dan kegiatan sehari-hari anak, sedangkan ibu wanita karir sering menghadapi tantangan dalam membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Perbedaan ini memunculkan pertanyaan tentang sejauh mana status pekerjaan ibu mempengaruhi prestasi akademik anak, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Variabel penelitian ini yaitu status pekerjaan ibu (X) dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) (Y). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 9 dengan jumlah 81 siswa. Dalam mengumpulkan data digunakan instrumen berupa kuesioner butir soal. Selanjutnya data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan IBM SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar PAI yang signifikan antara siswa kelas 9 dari ibu rumah tangga dan ibu wanita karir di SMP Negeri 6 Tangerang Selatan. Siswa dari ibu rumah tangga cenderung menunjukkan prestasi belajar PAI yang lebih tinggi dibandingkan siswa dari ibu wanita karie. Sebagaimana mean ibu rumah tangga adalah 23.10 > 21.55 (mean ibu wanita karir) dan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan independent sample t-test dengan bantuan IBM SPSS versi 20 dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,021, dan nilai signifikansi pada umumnya = 0,05. Dengan perolehan 0,021 < 0,05.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPrestasi belajaren_US
dc.subjectIbu Rumah Tanggaen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islam (PAI)en_US
dc.subjectIbu Wanita Kariren_US
dc.title“Komparasi Prestasi Belajar Kognitif Pendidikan Agama Islam antara Siswa Kelas 9 dari Ibu Rumah Tangga dan Ibu Wanita Karir di SMP Negeri 6 Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
35-20312246.pdf
  Restricted Access
3.58 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
35-20312246_Publik.pdf
  Restricted Access
1.86 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.