Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4012
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet-
dc.contributor.authorAsma Fathoni Ali Aslah, 20312314-
dc.date.accessioned2024-11-01T07:07:29Z-
dc.date.available2024-11-01T07:07:29Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4012-
dc.description.abstractPenelitian ini berfokus pada konsep kurikulum Al-Azhar, dan bagaimana penerapan kurikulum Al-Azhar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan bahasa Arab, ditinjau dari metode pengajarannya kepada guru bertujuan untuk memperjelas konsep kurikulum Al-Azhar, dan menganalisis metode penerapan dan pengajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam pada kurikulum Al-Azhar dengan menggunakan bahasa Arab pada kelas V di Syafana Islamic School Primary Gading Serpong Tangerang, dan mengetahui faktor pendukung dan hambatannya dalam hal tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan, informasi dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumen, dan lampiran yang diambil dari sekolah itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep kurikulum Al-Azhar di Syafana Islamic School Primary Gading Seberpong Tangerang merupakan kurikulum sekolah yang moderat (pertengahan), dan sederhana. 2) Mata pelajaran pendidikan agama Islam menurut kurikulum Al-Azhar diterapkan dengan menggunakan bahasa Arab pada kelas V di sekolah tersebut dengan cara bercerita, ceramah, diskusi, penerapan, presentasi dan resepsi di kelasnya dan semuanya didukung oleh teori konstruktivis dan pembelajaran sosial. 3) Faktor pendukung dalam pengajaran pendidikan agama Islam pada kurikulum Al-Azhar menggunakan bahasa Arab di kelas V di sekolah tersebut adalah karena kurikulumnya mudah, dan sederhana, serta harus diamalkan bahasa Arab secara terus menerus, dan adapun faktor penghambatnya yaitu kesulitan dalam membaca dan menulis teks bahasa Arab bagi siswa, dan sebagai guru ia berbicara dua bahasa di kelas.en_US
dc.language.isoaren_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPengajaranen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectKurikulum Al-Azharen_US
dc.subjectBahasa Araben_US
dc.titlePengajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Al-Azhar Menggunakan Bahasa Arab di Syafana Islamic School Primary Gading Serpong Tangerangen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
36-20312314.pdf
  Restricted Access
5.28 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
36-20312314_Publik.pdf
  Restricted Access
1.05 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.