Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4014
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Rohmah | - |
dc.contributor.author | Siti Lia Maftuhah, 20312307 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-01T07:12:12Z | - |
dc.date.available | 2024-11-01T07:12:12Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4014 | - |
dc.description.abstract | Karakter atau sama dengan akhlak adalah pondasi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk insan yang berakhlak mulia, dan menciptakan menusia yang bertaqwa. Dengan adanya pembelajaran akhlak ini maka manusia dapat membedakan mana nilai yang baik dan mana nilai yang buruk hal ini juga bisa meningkatkan kecerdasan emosionalnya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan dari segi kecerdasan emosional para santri di Mts At-Turusiyah setelah adanya pembelajaran kitab Al-Akhlᾱq Li Al-Banᾱt yang terdapat dalam kurikulum pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode kajian isi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian kualitatif bersumber dari data primer, dan data sekunder. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran kitab Al-Akhlᾱq Li Al-Banᾱt dalam meningkatkan kecerdasan emosional santri kelas awwal di pondok pesantren Turus yaitu meliputi, a. Perencanaan: 1. menciptakan suasana kelas yang kondusif 2. latihan membaca isi kitab Bab per Bab 3. Peraturan Didalam Kelas Selama Proses Pembelajaran. 4. Media Pembelajaran. b) Pelaksanaan: guru mengkondisikan para santri dikelas, pembelajaran menggunakan metode ceramah, bandungan, nasihat dan keteladanan. c) evaluasi: terdapat tiga aspek evaluasi yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan karakter melalui kitab Al-Akhlᾱq Li Al-Banᾱt mempengaruhi dan mampu meningkatkan kecerdasan emosional santri dibuktikan dengan adanya perubahan emosional santri yang jauh lebih stabil dari sebelumnya baik memahami emosi pribadi maupun orang lain. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | karakter | en_US |
dc.subject | kecerdasan emosional | en_US |
dc.subject | akhlak li al-banat | en_US |
dc.title | Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kitab AlAkhlᾱq Li Al-Banᾱt Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Di MTs At-Turusiyah Pandeglang | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
38-20312307.pdf Restricted Access | 3.21 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
38-20312307_Publik.pdf Restricted Access | 1.27 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.