Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4015
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Dewi Maharani | - |
dc.contributor.author | Lifia Salza Rizkiana, 20312252 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-01T07:17:20Z | - |
dc.date.available | 2024-11-01T07:17:20Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4015 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian siswa belum dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil sehingga mempengaruhi pembelajaran tahfiẓ Al-Qur’an dan literasi Al-Qur’an peserta didik. Literasi Al-Qur’an sangat penting dilakukan guna memberantas buta huruf Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Pada Siswa Kelas 6 di MIN 4 Jakarta Selatan. Literasi Al-Qur’an berupa kemampuan mengembangkan keterampilan dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 wakil kepala sekolah, 1 koordinator Al-Qur’an, 7 orang siswa, dan 2 wali kelas sekaligus penguji tasmi. Adapun sumber data sekunder penulis dapatkan dari beberapa buku dan jurnal ilmiah yang mendukung proses penyusunan skripsi ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tahfiẓ Al-Qur’an melalui metode tasmi’ dalam meningkatkan literasi AlQur’an pada kelas 6 di MIN 4 Jakarta Selatan yaitu mampu meningkatkan literasi Al-Qur’an pada peserta didik. Peserta didik dalam pembelajaran AlQur’an tidak hanya menghafal melainkan diajarkan membaca dan menulis AlQur’an pada surah-surah yang sudah dihafal. Kegiatan metode tasmi’ berhasil meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an dengan fashih sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf yang baik serta menulis AlQur’an pada fase melanjutkan kata dalam satu ayat. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Implementasi | en_US |
dc.subject | Metode Tasmi | en_US |
dc.subject | Literasi Al-Qur’an | en_US |
dc.title | Implementasi Pembelajaran Tahfiẓ AlQur’an Melalui Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an di MIN 4 Jakarta Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
39-20312252.pdf Restricted Access | 4.35 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
39-20312252_Publik.pdf Restricted Access | 1.87 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.