Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4015
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDewi Maharani-
dc.contributor.authorLifia Salza Rizkiana, 20312252-
dc.date.accessioned2024-11-01T07:17:20Z-
dc.date.available2024-11-01T07:17:20Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4015-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian siswa belum dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil sehingga mempengaruhi pembelajaran tahfiẓ Al-Qur’an dan literasi Al-Qur’an peserta didik. Literasi Al-Qur’an sangat penting dilakukan guna memberantas buta huruf Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Pada Siswa Kelas 6 di MIN 4 Jakarta Selatan. Literasi Al-Qur’an berupa kemampuan mengembangkan keterampilan dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 wakil kepala sekolah, 1 koordinator Al-Qur’an, 7 orang siswa, dan 2 wali kelas sekaligus penguji tasmi. Adapun sumber data sekunder penulis dapatkan dari beberapa buku dan jurnal ilmiah yang mendukung proses penyusunan skripsi ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tahfiẓ Al-Qur’an melalui metode tasmi’ dalam meningkatkan literasi AlQur’an pada kelas 6 di MIN 4 Jakarta Selatan yaitu mampu meningkatkan literasi Al-Qur’an pada peserta didik. Peserta didik dalam pembelajaran AlQur’an tidak hanya menghafal melainkan diajarkan membaca dan menulis AlQur’an pada surah-surah yang sudah dihafal. Kegiatan metode tasmi’ berhasil meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an dengan fashih sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf yang baik serta menulis AlQur’an pada fase melanjutkan kata dalam satu ayat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetode Tasmien_US
dc.subjectLiterasi Al-Qur’anen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Tahfiẓ AlQur’an Melalui Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an di MIN 4 Jakarta Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
39-20312252.pdf
  Restricted Access
4.35 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
39-20312252_Publik.pdf
  Restricted Access
1.87 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.