Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4019
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Istiqomah | - |
dc.contributor.author | Fitri Salsabilah, 20312323 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-01T07:31:36Z | - |
dc.date.available | 2024-11-01T07:31:36Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4019 | - |
dc.description.abstract | Peningkatan kualitas guru menjadi fokus utama dalam upaya memperkuat pendidikan karakter siswa di sekolah. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (Republik Indonesia) No.19 Tahun 2017, perubahan atas PP No.74 tahun 2008 tentang guru. Harus memiliki empat kompetensi: pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah dasar, seperti yang diterapkan di SDN Jati Pulo 05 Pagi, bertujuan untuk mengembangkan nilai, moral, dan kebiasaan baik dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: a. Untuk mengetahui peningkatan kualitas guru di SDN Jati Pulo 05 Pagi. b Untuk mengetahui peningkatan penguatan pendidikan karakter siswa SDN Jati Pulo 05 Pagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif di mana peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, analisis data, dan metode pengumpulan data lainnya. Informan dari wawancara ini yaitu: kepala sekolah, guru bidang kurikulum, guru kelas III, guru kelas V, guru kelas VI, 3 siswa kelas VI. Berdasarkan hasil penelitian di SDN Jati Pulo 05 Pagi, ditemukan bahwa sekolah tersebut telah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas guru dalam penguatan pendidikan karakter siswa. peningkatan ini mencerminkan kesadaran pihak sekolah akan pentingnya peran guru dalam membentuk karakter siswa. Temuan ini sejalan dengan prinsip Peningkatan kualitas guru No.19 Tahun 2017, perubahan atas PP No.74 tahun 2008 yang dilakukan di SDN Jati Pulo 05 pagi diantaranya: kegiatan pelatihan dan pengembangan kompetensi guru, perubahan strategi pembelajaran, dan peningkatan manajemen kelas. Dari ketiga peningkatan tersebut sudah dilakukan oleh sekolah dengan cukup baik. Untuk penguatan pendidikan karakter di SDN Jati Pulo 05 Pagi sudah terlihat dari religiusitas, kemandirian, integritas, gotong royong, dan nasionalisme pada siswa kelas VI. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Kualitas guru | en_US |
dc.subject | penguatan karakter | en_US |
dc.subject | Siswa Kelas VI | en_US |
dc.title | Peningkatan Kualitas Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di SDN Jati Pulo 05 Pagi Jakarta Barat | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
43-20312323.pdf Restricted Access | 3.71 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
43-20312323_Publik.pdf Restricted Access | 774.67 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.