Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4022
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEka Naelia Rahmah-
dc.contributor.authorNurul Faridah, 20312332-
dc.date.accessioned2024-11-01T07:39:45Z-
dc.date.available2024-11-01T07:39:45Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4022-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya dampak yang ditimbulkan pada era digital, perkembangan teknologi digital telah membawa dampak yang signifikan dalam pendidikan termasuk dalam membangun moralitas siswa pada era digital. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan Agama Islam dalam membangun moralitas siswa pada era digital. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam, dan 5 peserta didik kelas VIII SMPN 3 Tangerang Selatan, dan sumber data sekunder sekunder berupa buku, jurnal, skripsi yang telah dipublikasikan dan data-data dari sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun moralitas siswa pada era digital berperan dengan sangat baik, terlihat dari guru berperan sebagai pendidik, dalam hal ini diwujudkan dengan melakukan pembiasaan berdo’a terlebih dahulu ketika akan melaksanakan kegiatan pembelajaran dan mengakhiri kegiatan pembelajaran, hal ini bertujuan untuk membangun moralitas siswa yang baik, guru berperan sebagai pengajar, guru bertugas menyampaikan materi pelajaran dengan cara yang mudah dipahami oleh peserta didik, guru berperan sebagai pembimbing, yaitu membimbing peserta didik menghadapi perkembangan teknologi, guru berperan sebagai penasehat, yaitu menasehati peserta didik dengan sikap lemah lembut, guru berperan sebagai model dan teladan, sikap dan perilaku guru menjadi cermin bagi peserta didik dengan cara memberikan contoh yang baik kepada peserta didik, seperti dalam berbahasa. Tentunya peran guru tersebut bisa membangun moralitas era digital di antaranya: dilihat dari aspek kejujuran, menjadi diri sendiri, bertanggung jawab, kemandirian, keberanian moral, kerendahan hati (tawadhu), dan berfikir kritisen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectMoralitasen_US
dc.subjectEra Digitalen_US
dc.titlePeran Guru PAI dalam Membangun Moralitas Siswa pada Era Digital di SMPN 3 Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
46-20312332.pdf
  Restricted Access
1.42 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
46-20312332_Publik.pdf
  Restricted Access
403.16 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.