Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4023
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Muh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet | - |
dc.contributor.author | Khofifah Azzahroh, 20312288 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-01T07:42:00Z | - |
dc.date.available | 2024-11-01T07:42:00Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4023 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kualitas bacaan Al-Qur`an siswa yang belum baik dan benar, sehingga adanya kekeliruan dan kesalahan yang akan merusak arti dari ayat Al-Qur’an tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Kitab Tuḥfah Al-Aṭfᾱl pada siswa kelas V dan VI Amanah Bunda Tahfidz School Cipinang Jakarta Timur, mengetahui peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an melalui kitab Tuḥfah Al-Aṭfᾱl pada siswa tersebut dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an pada siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran kitab Tuḥfah Al-Aṭfᾱl dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa kelas V dan VI Amanah Bunda Tahfidz School Cipinang Jakarta Timur ada 3 yaitu, perencanaan yang meliputi silabus, RPP dan media pembelajaran, kemudian pelaksanaan yag meliputi guru memandu proses kegiatan belajar mengajar yang meliputi menciptakan satbilitas kondisi belajar, mengulang materi sebelumnya dan infrastruktur pembelajaran, terakhir evaluasi yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, 2) peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa melalui kitab tersebut adalah dengan pengajaran tajwid yang benar, latiha membaca Al-Qur’an secara rutin, dan menggunakan metode mengajar yang efektif dan 3) faktor pendukung dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur`an melalui kitab tersebut pada siswa adalah motivasi, sarana prasarana memadai, dan lingkungan yang baik. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi dan lingkungan yang tidak baik. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Kitab Tuhfatul Athfal | en_US |
dc.subject | Kualitas | en_US |
dc.subject | Membaca Al-Qur’an | en_US |
dc.title | Implementasi Pembelajaran Kitab Tuḥfah Al-Aṭfᾱl Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur'an Siswa Amanah Bunda Tahfidz School Jakarta Timur | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
47-20312288.pdf Restricted Access | 3.2 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
47-20312288_Publik.pdf Restricted Access | 793.63 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.